Pajar Bulan Maksimalkan Pembangunan Lewat DD

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pelaksanaan pembangunan melalui anggaran dana desa (DD) di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), hingga kini masih dilaksanakan oleh Pekon Pajar Bulan Kecamatan Waykrui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar).

Pandemi Covid-19 tidak menjadi hambatan Pekon Pajar Bulan dalam melaksanakan pembangunan terutama dalam memenuhi ketersediaan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat.

Bacaan Lainnya

Melalui anggaran DD yang diterima tahun 2020, pekon Pajar Bulan, melaksanakan sejumlah pembangunan dalam rangka menunjang kebutuhan pembangunan masyarakat. Dimana pada tahun ini total pendapatan pekon Pajar Bulan mencapai Rp1.176.486.400, yang bersumber dari Anggaran DD, ADP. DBH Pajak.

Peratin Pajar Bulan Khaidir mengatakan melalui kegiatan pembangunan yang dilaksanakan pada tahun ini seperti pembangunan jembatan dengan volume 2×5 meter, pembangunan drainase sepanjang 15 meter.

“Selain itu pembangunan jalan rabat beton sepanjang 285 meter, lebar 1,5 meter dan ketebalan 15 centimeter dan pelaksanaan rehabilitasi gedung pendidikan anak usia dini (PAUD),” kata dia.

Selain itu, sebagai upaya penanggulangan wabah Covid-19, Pekon Pajar Bulan juga memaksimalkan penyemprotan menggunakan desinfektan kelingkungan rumah warga dan juga membagikan masker serta menyiapkan sarana cuci tangan pada sejumlah fasilitas umum.

“Sebagai upaya untuk membantu memulihkan ekonomi masyarakat yang terdampak Covid-19, kita juga menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT-DD), pada penyaluran tiga bulan pertama masing-masing KPM menerima dana sebesar Rp600 ribu pada tiga bulan kedua sebesar Rp300 ribu,” jelasnya.

Lanjutnya, dalam pelaksanaan pembangunan melalui anggaran DD yang dilaksanakan di pekon setempat, dirinya bersama seluruh aparat pekon dan masyarakat bahu membahu melaksanakan pembangunan yang tepat sasaran dengan memperhatikan skala prioritas yang merupakan kebutuhan masyarakat.

“Kedepan kita akan melaksanakan pembangunan yang mengarah pada kebutuhan pekon sehingga bisa meningkatkan sarana infrastruktur pekon sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya. (*/adv/mlo)


Pos terkait