Paket Proyek Senilai Rp80,702 Miliar Telah Selesai Tender

  • Whatsapp
Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Lambar Hotmuda Simarmata

Medialampung.co.id – Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Lampung Barat hingga kini telah melakukan proses tender atau lelang sebanyak 112 paket proyek dengan nilai Rp80,702 miliar lebih.

“Sebanyak 112 paket yang telah selesai proses tender itu rinciannya pengadaan barang lima paket, jasa konsultansi badan usaha tiga paket, jasa konstruksi 101 paket dan jasa lainnya tiga paket,” ungkap Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab Lambar Ir. Hotmuda Simarmata, M.P, Rabu (28/7).

Bacaan Lainnya

Hotmuda memaparkan, sebanyak 112 paket yang telah selesai proses tender itu tersebar di Dinas Kesehatan tiga paket, Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) dua paket, Dinas Lingkungan Hidup satu paket, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan 64 paket, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) satu paket, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dua paket, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) 37 paket, Sekretaris Daerah satu paket, dan Dinas Sosial satu paket. 

“Sementara paket yang dalam proses tender ada satu paket senilai Rp498 juta dari Dinas Perhubungan,” katanya.

Lebih jauh Hotmuda mengatakan, untuk paket pengadaan langsung (PL) yang prosesnya telah selesai sebanyak 202 paket dengan nilai Rp20,391 miliar lebih, yaitu terdiri dari pengadaan barang sebanyak 17 paket, jasa konsultasi badan usaha 80 paket, jasa konsultasi perorangan satu paket, jasa lainnya tujuh paket, serta pekerjaan konstruksi 97 paket. Sedangkan yang masih dalam proses terdapat 16 paket dengan nilai Rp1,499 miliar lebih. 

Untuk paket PL yang prosesnya telah selesai sebanyak 202 paket tersebut rinciannya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dua paket, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) tiga paket , Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata tiga paket, Dinas Kesehatan tiga paket, Dinas Ketahanan Pangan dua paket, Diskoperindag enam paket, Dinas PUPR sebanyak 132 paket , Dinas Pendidikan dan Kebudayaan 27 paket, dan Dinas Perhubungan dua paket. 

Selanjutnya, Dinas Perikanan 13 paket, Dinas Perkebunan dan Peternakan satu paket, DP2KBP3A tiga paket, Dinas Sosial dua paket dan Kantor Kesbangpol satu paket. “Khusus untuk 16 paket PL yang masih dalam proses tersebar di Disporapar enam paket, Dinas Kesehatan dua paket, DPUPR tujuh paket, dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura satu paket,” bebernya  

Dalam rangka percepatan proses tender/seleksi (pemilihan penyedia barang/jasa) serta dalam rangka percepatan penyerapan anggaran tahun 2021, kata Hotmuda, Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus telah menerbitkan surat edaran (SE) No.027/832a/SE/06/2020 tentang percepatan pelaksanaan pengadaan barang/jasa Pemkab Lambar tahun 2021, serta Sekretaris Kabupaten (Sekkab) menerbitkan surat pemberitahuan No.800/106/2021 perihal percepatan proses tender tahun anggaran 2021.

Di dalam SE tersebut, seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Lambar diminta agar segera melaksanakan percepatan proses tender/seleksi (pemilihan penyedia barang/jasa) dan melakukan koordinasi dengan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Setdakab Lambar. 

Selanjutnya, dalam rangka memperlancar percepatan dimaksud dan untuk tertib administrasi proses pengadaan barang/jasa, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa melakukan review fasilitatif, serta bagi Perangkat Daerah yang membutuhkan bantuan personil pejabat pengadaan dari Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, agar segera mengajukan surat permohonan kepada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa serta melampirkan data pengadaan langsung tahun 2021 melalui penyedia. 

“Kita berharap setiap Perangkat Daerah mempersiapkan data-data rencana pengadaan secara lengkap dan berkoordinasi dengan Bagian Pengadaan Barang/Jasa untuk proses pengadaan,” pungkas Hotmuda. (lus/mlo)


Pos terkait