Pampangan Jadi Pekon Pertama Diberikan Monev ADD dan ADP 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim Verifikasi Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) realisasi DD dan ADP di Pekon Pampangan, bersama Tenaga Ahli Pendamping Desa Lambar dan Tim Pendamping Desa.

Dalam, sambutannya Camat Sekincau Agus Setiawan, S.E, M.M., menyampaikan bahwa tujuan dari monev itu adalah realisasi keuangan pekon dan juga melakukan pembinaan sebelum tim inspektorat kabupaten turun sesuai jadwal.

Bacaan Lainnya



Selain itu kegiatan tersebut untuk mensosialisasikan beberapa kebijakan yang berubah terkait dana desa dan alokasi dana desa.Perubahan peraturan Menteri Keuangan, peraturan Menteri Desa PDT dan juga peraturan bupati yg mengarahkan pekon untuk mengalokasikan Dana Desa  untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) dan  kegiatan tanggap Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). 

Dan dengan dengan perjalanan ADD dan ADP sekarang tentu sudah waktunya melakukan penyusunan Surat Pertanggungjawaban (SPJ).

“Mengikuti aturan main yang sudah ditetapkan, agar pekon memenuhi prinsip akuntabilitas dan transparansi,” ujarnya. 

Dalam kesempatan tersebut tenaga ahli pendamping desa menyampaikan terkait smart village, aplikasi online untuk kegiatan tanggap covid, aplikasi pelaporan kegiatan pencegahan stunting dan juga aplikasi  BUMDes.

6 tahun dana desa, untuk meningkatkan kualitas pelaporan dan data, agar dapat diakses oleh pengambil kebijakan dalam waktu cepat maka beberapa aplikasi disampaikan kepada pekon

Pembinaan keuangan pekon dilakukan oleh Tim kecamatan yang terdiri dari Sekcam, Kasi PMP dan lainnya dibantu pendamping desa. (rin/mlo)



Pos terkait