Pandemi Covid-19 Sebabkan Program Jebol Adminduk Ditunda

  • Whatsapp
Kepala Disdukcapil Kabupaten Lambar Drs. Adi Utama

Medialampung.co.id – Program Jemput Bola Administrasi Kependudukan (Jebol Adminduk) yang merupakan program rutin Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lampung Barat,  sejak tahun 2019 yang lalu, masih belum berjalan akibat mewabahnya pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Kepala Disdukcapil Lambar Adi Utama mengungkapkan, sejak maret 2020 atau kurang lebih sejak Enam bulan yang lalu program jemput bola ini belum bisa diterapkan kembali, hal itu merupakan salah satu dampak Covid-19.

Bacaan Lainnya



“Sejak bulan maret kita belum pernah turun, itu semua mengingat mewabahnya pandemi Covid-19, jika kita lakukan Jebol Adminduk maka akan menimbulkan kerumunan, dengan alasan itu program jemput bola masih kita tunda,” jelas Adi Utama, Rabu (2/9).

Sebenarnya kata dia, pihak Disdukcapil Lampung Barat sempat berencana melanjutkan program Jebol Adminduk mulai bulan September 2020 ini, mengingat sebelumnya kondisi Covid-19 di Lambar terbilang aman karena Empat bulan tanpa kasus konfirmasi positif Covid-19.

“Namun belum lama inikan Lampung Barat kembali ada kasus positif, bahkan ada Empat orang, untuk itu rencana tersebut masih akan kita pertimbangkan kembali, intinya kita akan melihat seperti apa situasi kondisi nantinya,” ungkapnya

Program Jebol Adminduk ini sendiri kata Adi merupakan kegiatan pelayanan kependudukan, semua pelayanan kependudukan akan dilayani pada kegiatan tersebut.

“Semua jenis pelayanan, seperti pembuatan KTP, KK, AKTA, KIA, Pindah Datang, termasuk juga perbaikan-perbaikan,” ujarnya.

“Antusias masyarakat sangat tinggi, khususnya masyarakat di dua Kecamatan yakni Suoh dan Bandar Negeri Suoh, karena memang masyarakat merasa terbantu dengan adanya program ini, salah satu alasan yakni jarak tempuh yang jauh jika masyarakat harus datang ke kantor Disdukcapil,” tutupnya. (nop/mlo)



Pos terkait