Pandemi Tak Surutkan Semangat Mahasiswa UIN untuk Berbakti

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Penyebaran virus corona atau covid-19 di indonesia tidak menyurutkan Universitas Islam Negeri (UIN) untuk terus berbuat yang terbaik bagi masyarakat Indonesia, khususnya lampung, salah satunya Nodi Putra, mahasiswa UIN Lampung dari Bengkulu Jaya,  Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Waykanan. 

“Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang kami jalani sekarang sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, kami terpaksa melaksanakan program kerja (PROGJA) di kampung masing-masing,” tuturnya.

Bacaan Lainnya



Contoh progja yang mereka lakukan, menurut Nodi, adalah berpartisipasi dalam pembagian Bantuan Tunai Langsung Dana Desa (BLT-DD) dampak Covid-19 kepada masyarakat Kampung Bengkulu Jaya Serta secara aktif mengajar ngaji di Tempat Pendidikan Agama (TPA).

“Selain dari program kerja KKN itu juga merupakan suatu bahan laporan tiap harinya, di karenakan mengajar ngaji bukan hanya program kerja KKN tapi juga untuk menambah wawasan dalam agama,” tegas Budiman Syukri, mahasiswa UIN Lampung lainnya.

Setelah menjalaninya, lanjut Budiman, mengajar ngaji ternyata bukan pekerjaan yang mudah dan membutuhkan pengetahuan yang luas agar bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari anak didik, juga harus memiliki kesabaran yang tinggi sehingga anak-anak dapat menerima metode pengajaran yang dilakukan.

Kegiatan para mahasiswa UIN Lampung tersebut mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan elemen masyarakat dan berharap kegiatan itu dapat berlanjut bukan hanya di saat Corona saja.

“Saya sangat berterima kasih kepada mahasiswa Universitas Islam Negeri yang telah berpartisipasi kepada masyarakat salah satunya, membantu mengajar anak-anak mengaji dan hal itu  menjadikan pekerjaan saya bisa lebih ringan dari sebelumnya” ujar Ustad Hairul Saleh, guru ngaji setempat. 

Hal yang sama disampaikan oleh Noviana, Kepala Kampung Bengkulu Jaya, di mana menurut Noviana aktivitas para mahasiswa UIN Lampung yang melakukan KKN di kampung masing-masing itu tentu sangat menguntungkan pihaknya karena semua kegiatan yang digelar bernilai positif dan bermanfaat bagi masyarakat.(wk1/mlo)



Pos terkait