Panen Raya Kopi, Bhabinkamtibmas Motori Pam Swakarsa

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di tengah masa panen raya kopi di Kabupaten Lampung Barat. Sejumlah warga yang dimotori Bhabinkamtibmas mulai mengaktifkan Pam Swakarsa atau sistem keamanan lingkungan (Siskamling) seperti yang dilaksanakan warga Pekon Kegeringan dan Gunungsugih Kecamatan Batubrak, Sabtu malam (1/8). 

Anggota bhabinkamtibmas Polsek Sekincau Bripka Dedi Kurniawan mewakili Kapolsek Sekincau AKP Sukimanto, S.Sos, M.M, mengatakan kegiatan pam swakarsa sangat efektif untuk menekan angka kriminalitas yang terjadi saat masa panen raya kopi.

Bacaan Lainnya



“Kami mendorong masyarakat untuk kembali mengaktifkan siskamling karena dibutuhkan upaya bersama untuk menciptakan rasa aman dan kondusif di wilayah kita masing masing,” ujarnya.

Dijelaskannya, menjaga kamtibmas merupakan tanggung jawab bersama. ia meminta agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan, dan apabila terdapat aktivitas orang mencurigakan agar segera melapor dengan Peratin atau anggota bhabinkamtibmas terdekat.

“Kami juga mengimbau masyarakat apabila akan menjual hasil panen kopi keluar daerah dalam jumlah besar agar melibatkan aparat keamanan dan berkoordinasi dengan Polsek terdekat sehingga meminimalisir niat-niat orang yang akan melakukan tindak kriminalitas,” pintanya. 

Selain itu, petani juga diminta agar hasil dari penjualan panen kopi dalam bentuk uang jangan disimpan didalam rumah, lebih baik menyimpan di bank, karena jika di rumah akan memancing niat para pelaku kejahatan. 

“Bagi masyarakat yang memiliki kendaraan roda dua maupun roda empat agar dalam memarkir kendaraan jangan ditempat terbuka, bila perlu memasukan di dalam rumah dengan pengaman kunci ganda di roda dan memberi penerangan lampu yang cukup,” pintanya  

Ia juga menambahkan, di tengah masa pandemi Covid-19, pihaknya juga mengimbau masyarakat agar senantiasa mematuhi protokoler kesehatan, menggunakan masker, jaga jarak, serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.(edi/mlo)



Pos terkait