Panen Tomat di Tambakjaya, Parosil dan Sudin Serap Aspirasi Petani 

Medialampung.co.id – Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus bersama Ketua Komisi lV DPR RI Sudin, S.E., Ketua DPRD Lambar Edi Novial, S.Kom., melakukan panen tomat bersama di Pemangku Subhan Pekon Tambakjaya, Kecamatan Waytenong, Jumat (18/3)

Dalam panen bersama itu para pentolan PDI Perjuangan tersebut didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lambar Muhammad Henry Faisal dan Kasat Pol PP Haiza Rinsa. 

Bacaan Lainnya


Dalam sambutannya Bupati yang juga Ketua DPC PDIP Lampung Barat itu menegaskan, Kabupaten Lambar memiliki 15 kecamatan dan terdapat lima kecamatan yang masyarakatnya bernotabene sebagai petani sayuran. Yakni, Kecamatan Waytenong, Sekincau, Balikbukit, Sukau dan Lomboseminung. 

Parosil menuturkan, jika selama ini masih terdapat kendala terhadap tata cara pengelolaan pertanian dari para petani itu sendiri, dan adanya keterbatasan mengenai peralatan sehingga dilakukan secara manual. Seperti halnya mencangkul, masyarakat masih dilakukan secara manual menggunakan cangkul. 

Dijelaskannya Lampung Barat kalau soal kesuburan tanahnya masih terjamin, maka dengan kehadiran Sudin besar harapan agar petani di Lambar mendapatkan perhatian dan pembelajaran di bidang pertanian sayuran untuk kedepannya. 

Sementara dalam sambutannya, Sudin yang juga Ketua DPD PDIP Provinsi Lampung itu menyatakan, mengenai bantuan alat pertanian berupa hand traktor yang diharapkan masyarakat Kecamatan Waytenong dapat direalisasikan Mei mendatang.

“Mudah-mudahan kalau untuk bantuan hand tractor Mei mendatang,” ungkapnya. 

Pada kesempatan itu Sudin berharap agar kedepan di Kabupaten Lampung Barat dapat melakukan penghijauan dengan tanaman pohon buah-buahan seperti halnya buah Kelengkeng ataupun Alpukat jenis Ratu Puan.

“Alpukat Ratu Puan ini beda dari Alpukat yang terdapat di Lampung Barat, jambu Alpukat Ratu Puan ini buahnya besar-besar dan panjang,” imbuhnya. 

Perwakilan petani Pekon Tambakjaya Suparman, mengucapkan terima kasih terhadap Bupati Lambar, lantaran beberapa bulan lalu sudah memberikan bantuan berupa pupuk organik, bibit cengkeh dan hewan berupa kambing sejumlah dua puluh lima ekor untuk masyarakat di kecamatan setempat.

Suparman menyampaikan beberapa harapan terhadap Sudin agar kedepannya dapat dibantu mengenai peralatan di bidang pertanian seperti halnya hand tractor. (r1n/mlo)


Pos terkait