Pantai Sebalang Lebih Tepat Jadi Kawasan Ekonomi Kreatif

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Wisata Sebalang yang terletak di Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan dianggap tidak tepat untuk wisata karena itu merupakan kawasan industri. Kemudian belum juga ada binaan dari Pemerintah provinsi Lampung tetapi itu hanya dilakukan oleh masyarakat sekitar.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, Dr. Edarwan, M.Si., kepada medialampung.co.id, Rabu (25/11).

“Sebalang memang tidak tepat untuk disebut wisata, kalaupun nanti kita masuk itu kita akan jadikan kawasan industri kreatif atau kawasan ekonomi kreatif,” kata Dr. Edarwan, M.Si.

Lanjutnya, Saat ini masih dalam tahap pembahasan apakah dinas pariwisata akan mengembangkan apakah Menjadi kawasan industri atau menjadi kawasan ekonomi kreatif. Saat ini Pemerintah kabupaten sudah melakukan upaya-upaya untuk pembinaan

“Mungkin tidak lama lagi, Pemprov Lampung juga akan melakukan pembinaan untuk pantai Sebalang,” tambahnya.

Menurutnya, sebagian lahan di Sebalang ada lahan milik Pemprov Lampung. Pembinaan kedepan, akan membuat konsep-konsep, bahwa daerah tersebut kemungkinan besar lebih menguntungkan apabila dijadikan kawasan ekonomi kreatif.

“Kita semua tahu bahwasanya sebagian adalah lahan Pemprov, tetapi mereka siap angkat kaki dari situ kalo memang Pemprov akan menggunakan lahan tersebut. Karena disitu orang dominannya tempat santai, tempat makan. Kedepannya, kalau pak Gubernur setuju akan kita arahkan menjadi pusat kuliner atau menjadi kawasan ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Menurutnya, kalau untuk dijadikan tempat wisata akan menyalahi aturan, karena tata ruangnya bukan untuk wisata, tapi untuk kawasan industri kreatif. 

“Namun itu sedang dalam kajian, saya tidak akan menggunakan wisata, bagaimana konsep nya akan dibahas, memberdayakan masyarakat sekitar, namun tidak menyalahi aturan,” tutupnya. (ded/mlo)




Pos terkait