Pantau Penarikan PKH, Peratin Sumberalam Imbau Jalankan Sesuai Juknis 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dengan mulai digulirkannya bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), tentunya menjadi kabar baik dalam membantu keterpurukan ekonomi, di tengah pandemi Covid-19 yang justru bertambah parah.

Dan untuk mengawal kelancaran penyaluran bantuan agar tepat sasaran, dan tidak terjadi hal-hal yang melangkahi teknisnya, berbagai upaya dilakukan termasuk oleh aparat pekon.

Bacaan Lainnya


Seperti yang dilakukan oleh Peratin Sumberalam, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), M. Husain, pihaknya menyempatkan waktu memantau langsung penyaluran PKH yang sistemnya sekarang ditarik melalui BRILink wilayah tersebut. 

“Pengambilan bansos PHK oleh 50 KPM Pekon Sumberalam berjalan lancar dan dari pantauan saya di lokasi yang ikut menyaksikan tahapan pengambilan semua baik, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, seperti bantuan yang diterima utuh, atau tidak ada potongan, begitu juga dengan kriteria para penerima,” terang Husain. 

Dalam hal itu, Husain mengajak para KPM PKH, dalam memanfaatkan bantuan betul-betul dialokasikan sesuai dengan petunjuk pemanfaatan bantuan.

“Alhamdulilah pemerintah terus memberikan perhatian untuk kita dan apa yang kita terima kita gunakan sebagaimana mestinya,” pintanya.

Sementara, dikatakan Pendamping PKH Kecamatan Airhitam Nurdiana akrab disapa Mbak Dian, kriteria peserta PKH masih tetap, yakni Ibu Hamil dan Nifas, Punya Anak Balita, SD, SMP, SMA. Dan Lansia Usia Diatas Tujuh Puluh (70) Tahun.

Akan tetapi dari Tujuh (7) Kriteria itu, maksimal Empat (4) Kriteria disetiap KPM PKH yang diakomodir, itu juga diberikan pembatasan, seperti jika punya balita hanya untuk Dua (2) atau maksimal Dua, untuk anak status SD, SMP, SMA. Dan Lansia hanya diakomodir Satu (1).

“Kalau sebelumnya jumlah anak semua dimasukkan sekarang diberikan batasan,” jelasnya.

Pihaknya juga menyebutkan sebenarnya dalam pengambilan PKH bisa dilakukan dimana saja menggunakan ATM, seperti langsung ke BRI, namun itulah gunanya ATM bisa digunakan di layanan terdekat termasuk di BRILink.

“Alhamdulilah proses penyaluran berjalan lancar,” tandasnya. (r1n/mlo)




Pos terkait