Pantau Program Dana Desa, DPMP Jadwalkan Monev

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Untuk memastikan seluruh kegiatan fisik program dana desa (DD) selesai sebelum tahun anggaran 2019 berakhir. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Kabupaten Lampung Barat mulai menjadwalkan monitoring dan evaluasi (monev) yang rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan November mendatang.

“Kami masih menyusun jadwal, untuk monev akan kita utamakan di sejumlah wilayah yang jauh dari jangkauan pemantauan, karena kami ingin memastikan bahwa progres kegiatan bisa selesai sebelum tahun anggaran berakhir,” ungkap Kabid Pembangunan Pekon Ruspel Gultom, S.H, mendampingi Kepala DPMP Yudha Setiawan, S.I.P.

Bacaan Lainnya



Sebab, kata dia, apabila program pembangunan masih berjalan setelah tahun anggaran berakhir, maka akan menghambat proses penyampaian laporan realisasi tahap III, bahkan hal tersebut juga merupakan bentuk pelanggaran batas waktu penyerapan anggaran.

“Memang sesuai aturan tidak boleh ada kegiatan yang masih berjalan setelah tahun anggaran selesai, tapi kalau pun ada pembangunan pekon yang masih berjalan kita lihat juga apa penyebabnya. Untuk itu yang menjadi fokus monev kami adalah wilayah terpencil,” imbuhnya.

Khusunsya dalam pelaksanaan fisik, pihaknya tetap menekankan agar pemerintah pekon tetap mengacu rancangan anggaran biaya (RAB) yang tertuang dalam anggaran pendapatan belanja pekon (APBP) agar kualitas dan kuantitas pembangunan tercapai sesuai dengan yang diharapkan. “Dalam pelaksanaan fisik kami minta kepada pekon tetap mengacu pada RAB atau sesuai konsep yang tertuang dalam APBPekon,” imbuhnya.

Disamping itu, terkait program pembangunan yang akan dilaksanakan tahun ini, pihaknya meminta kepada pemerintah pekon agar melaksanakan pembangunan dengan maksimal yaitu mengutamakan kualitas agar infrastruktur maupun sarana prasarana memiliki nilai manfaat yang panjang.

“Disamping itu perlu ketepatan waktu, ketepatan sasaran agar pelaksanaan pembangunan tidak menghambat penyampaian laporan pertanggungjawaban, apalagi bidang pembangunan menjadi inti dari program dana desa yang harus dijaga kualitas pembangunannya,” kata dia. (edi/lus/mlo)



Pos terkait