Para Penjabat Kepala Pekon Harus Netral

Medialampung.co.id – Para penjabat kepala Pekon diharapkan dapat menjaga kondusifitas di wilayahnya masing masing dan bersikap netral dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Pekon (Pilkakon). 

Netralitas harus tetap dijaga, jangan sampai nanti ada kewenangan yang dilakukan merugikan pihak pihak tertentu, demikian disampaikan Bupati Tanggamus Dewi Handajani usai melantik 66 Penjabat Kepala Pekon di lingkungan Pemkab setempat. 

Bacaan Lainnya

Jadi menurut Dewi Handajani tolong para Pj. Kepala Pekon fokus pada apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi (tupoksi) serta tanggung jawabnya. 

Untuk itu para penjabat kepala Pekon harus mempersiapkan dan memfasilitasi dengan baik pelaksanaan Pilkakon yang insyaallah akan dilaksanakan sekitar Mei atau Juni mendatang, ungkap Dewi Handajani.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Tanggamus akan kembali menggelar pemilihan kepala pekon (Pilkakon) serentak untuk 68 pekon, pertengahan tahun ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tanggamus Arpin mengatakan, jadwal Pilkakon masih menunggu keputusan bupati.

“Ke-68 pekon tersebut berada di 18 kecamatan. Alokasi anggaran untuk pelaksanaan pilkakon mencapai Rp2.833.792.500,” kata Arpin, Rabu (12/1).

Arpin menuturkan, jika jadwal pelaksanaan telah ditetapkan, ada sejumlah tahapan yang akan dilaksanakan panitia Pilkakon.

Antara lain tahapan persiapan, pencalonan, pemungutan suara hingga penetapan kepala pekon terpilih.

Untuk jumlah TPS, baru dapat diketahui pasca jumlah daftar Pemilih Tetap (DPT) masing-masing pekon telah ditetapkan oleh panitia

“Sesuai dengan ketentuan yang ada, jumlah DPT per TPS maksimal 500 orang,” pungkasnya.(ehl/mlo)

Pos terkait