Parosil Ajak Masyarakat Tangkal Covid-19 dengan Kearifan Lokal

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bupati Lampung Barat, Hi. Parosil Mabsus didampingi Wakil Bupati Mad Hasnurin mengajak semua masyarakat untuk menangkal Corona Virus Disease (Covid-19) melalui kearifan lokal.

Hal itu, diungkapkan Parosil Mabsus saat Ngopi Bebakhong yang digelar di Aula Kagungan Setdakab Lambar Senin (23/3), di hadapan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pejabat di lingkungan pemkab setempat.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, potensi kearifan lokal yang dimaksud yakni daun sirih yang bisa digunakan untuk mencuci tangan, ia juga mengajak untuk selalu minum kopi dicampur jahe merah dan gula merah untuk daya tahan tubuh.

“Kita kaya akan potensi, jadi jika bisa dimanfaatkan kenapa tidak, daun sirih bisa kita gunakan untuk mencuci tangan dan minuman campuran kopi, jahe merah dan gula merah agar daya tahan tubuh kita bisa lebih kuat lagi,” ungkap Parosil.

Sementra itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Lambar Ira Permata Sari mengatakan pada acara Ngopi Bebakhong semua peserta di data dan di cek suhu badannya.

“Semua peserta sudah kita ajarkan peragaan enam langkah cuci tangan pakai sabun yang benar, cara membuat hand sanitizer berbahan dasar kimia da berbahan dasar alami yaitu daun sirih,” jelas Ira.

 

Dikatakannya, untuk bahan kimia terdiri dari lidah buaya dan alkohol, sedangkan untuk bahan dasar alami yaitu terbuat dari daun sirih dan air. Alhamdulillah semua peserta tidak ada yang sakit setelah dilakukan pengecekan suhu badan. (nop/mlo)


Pos terkait