Parosil akan Terima Penghargaan Gubernur Terkait dengan Program KEJAR Tahun 2021

  • Whatsapp
Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus

Medialampung.co.id – Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus dijadwalkan akan menerima penghargaan dari Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sebagai kabupaten terbaik yang mendukung program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) tahun 2021.

Penyerahan penghargaan tersebut bersamaan dengan diselenggarakannya dilaksanakan kegiatan Kejar Prestasi Anak Indonesia (Kreasi) yang akan dilangsungkan Selasa (24/8), bertempat di Hotel Emersia – Bandarlampung dengan tema ‘Satu Rekening Satu Pelajar, Wujudkan Impian Anak Indonesia’. 

Bacaan Lainnya

Kabag Perekonomian Sekretariat Pemkab Lambar Pirwan Bachtiar, SE, MM., mengungkapkan, kegiatan tersebut selain dilakukan secara luring terbatas, juga dilakukan secara Daring, dengan mengundang perwakilan bank, sekolah, pemerintah kabupaten/kota dan undangan lainnya. Untuk bupati akan menghadiri langsung acara penyerahan penghargaan tersebut. 

“Alhamdulillah Lambar menjadi pemenang kab terbaik. Diterimanya penghargaan tersebut tidak lain adalah berkat komitmen pemerintah daerah dalam rangka mendukung program Kejar melalui program bersama bupati menabung (BBM) yang digulirkan pemerintah daerah,” ujarnya. 

Dijelaskan, program BBM di Lambar digulirkan melalui surat edaran bupati No.500/219/104/2020 tentang Bersama Bupati Menabung, kemudian Surat Edaran Bupati No.500/798/04/2019 tanggal 31 Oktober 2019 tentang Hari Indonesia Menabung, dengan dasar Surat Keputusan Bupati No.B/128/KPTS/04/2020 tanggal 20 Januari 2020 Tentang Tim Kelompok Kerja Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Tahun 2020.

Dalam surat tersebut disampaikan, untuk menumbuhkan dan membangkitkan kembali budaya menabung sejak dini di masyarakat dan untuk memperluas akses literasi dan inklusi keuangan diperlukan salah satu upaya dengan menabung melalui BBM ini diharapkan bisa sebagai sarana menabung dan investasi di lembaga jasa keuangan formal untuk mendukung pembiayaan pembangunan daerah dan kemandirian ekonomi masyarakat. 

“Untuk mendukung Program BBM, maka dibutuhkan kerjasama Kepala OPD terkait untuk mengkoordinasikan semua tingkat sekolah mulai dari PAUD, TK/RA, SD/MIN, SMP/MTS, SMA/SMK/MA, atau sederajatnya untuk menabung di tabungan Simpanan Pelajar (SimPel/SimPel iB) di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS),” ujarnya, seraya menambahkan bahwa untuk BBM sendiri belum maksimal mengingat saat ini masih diberlakukan KBM Daring sehingga pihak Bank kesulitan untuk menemui pihak sekolah. (nop/mlo)


Pos terkait