Parosil Apresiasi Musrenbang Kecamatan Balikbukit Digelar di Objek Wisata TNBBS

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (Musrebang) Kecamatan Balikbukit  Kabupaten Lambar yang dipusatkan di objek wisata Tanam Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) di Pekon Kubuperahu, Kamis (13/2) mendapatkan apresiasi dari  Bupati Lambar Parosil Mabsus.

“Saya menyambut baik musrenbang  inidilaksanakan di alam terbuka seperti di lokasi destinasi wisata TNBBS di Kubuperahu yang dikelola oleh pihak BTNBBS ini,  saya juga mengucapkan terima kasih kepada camat dan peratin Kubuperahu yang telah melaksanakan musrenbang di objek wisata ini. Harapan saya kegiatan musrebang tidak mesti digelar di kantor dan ruangan tapi juga dilapangan seperti hari ini, karena ini akan menambah inspirasi dan inovasi masyarakat,” ujar Bupati Parosil Mabsus pada saat membuka  Musrenbang tingkat Kecamatan Balikbukit di Objek Wisata TNBBS Pekon Kubuperahu, Kamis (13/2).

Bacaan Lainnya



Ia berharap setelah mengikuti musrenbang kecamatan, masyarakat serta peserta musrenbang dapat mengupload di media sosial (Medsos), karena dengan di Upload di Medsos maka akan viral yang namanya objek wisata di Kubuperahu. Medsos adalah media srategis untuk menyampaikan informasi tentang kemajuan daerah.  “Kalau di Upload di Medsos akan banyak orang dari berbagi pelosok bahkan tingkat nasional dan dunia akan bisa melihat. Hal ini akan membantu pemerintah daerah untuk mepromosikan Kabupaten Lambar,” ujar dia.

Parosil juga memberikan apresiasi atas seni dan budaya yang telah ditampilkan pada musrenbang tingkat Kecamatan Balikbukit, seperti hadra, pencak silat, serta nyambai. “Budaya yang ditampilkan hari ini itu belum seberapa karena masih banyak budaya lainnya di Kabupaten Lambar. Harapan saya kepada peserta agar kita sama sama menjaga dan melestarikannya,” tegas Parosil seraya menambahkan, ia berharap kepada Camat Balibukit dan peratin untuk ikut mendukung budaya serta memeliharanya dan setiap ada momen baik di tingkat pekon, kecamatan maupun kabupaten agar dilibatkan.

Sementara itu, Camat Balikbukit Drs. Akmal Hakim menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat yang telah merealisasikan usulan pembangunan Kecamatan Balik Bukit dalam Musrenbang tingkat kecamatan tahun 2019 lalu, yakni dari prioritas untuk seluruh urusan telah terealisasi sebanyak enam usulan yakni peningkatan jalan Pekon Balak Sedampah, peningkatan jalan Sebarus – Candik Padangdalom, peningkatan jalan Bahway- Sarhum, peningkatan jalan lingkungan MT. Haryono Lingkungan Heru Kelurahan Pasar Liwa, peningkatan jalan lingkungan Gunung Sugih Asrama Polisi dan peningkatan jalan lingkungan jalan Tungkok (lanjutan).

“Untuk sulan prioritas Musrenbang kecamatan tahun 2019 yang diusulkan untuk dilaksanakan tahun 2020 yakni sebanyak 49 jenis kegiatan yang meliputi urusan infratruktur jalan, sarana prasarana gedung pemerintah, pemukiman, pendidikan, urusan pendidikan, pertanian, dan peternakan hingga saat ini Pemerintah Kecamatan Balik Bukit belum menerima data terkait program kegiatan yang dilaksanakan di wilayah kami,” ungkap Akmal.

Dijelaskannya, kondisi pembangunan di wilayah Kecamatan Balik Bukit, atas kerja keras dan komitmen Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, seluruh pekon di Kecamatan Balik Bukit sejak tahun 2015 telah melakukan pembangunan di wilayahnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat melalui pembangunan partisipatif dan berbasis permberdayaan melalui kebijakan dana desa (DD) dan bantuan alokasi dana pekon (ADP).

“Kami juga mengucapkan terima kasih setinggi tingginya kepada seluruh anggota legislatif Daerah Pemilihan 1 yang selama ini sudah membantu kami dalam menyampaikan aspirasi masyarakat Kecamatan Balik Bukit, semoga kedepan kepentingan masyarakat semakin banyak yang terakomodir,” kata dia.

Sekadar diketahui, pada kegiatan musrenbang Kecamatan Balikbukit tersebut, Bupati Parosil Mabsus secara simbolis menyerahkan bantuan, antara lain anggaran DD, ADP, bibit pohon, serta bantuan empat unit kendaraan bentor untuk mengangkut sampah serta satu unit kendaraan roda empat Pick Up kepada Kecamatan Balikbukit. Bantuan kendaraan tersebut bersumber dari Komisi 7 DPR RI serta CSR Bank Lampung. (lus/mlo)



Pos terkait