Parosil Apresiasi Tenaga Nusantara Sehat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tenaga Nusantara Sehat yang telah mengabdi selama dua tahun terakhir di daerah terpencil di kabupaten ini yang tersebar di beberapa Puskesmas.

“Tenaga Nusantara Sehat telah memberikan sumbangsih yang begitu berarti kepada Lampung Barat, memberikan edukasi, pelayanan dan penanganan kesehatan. Saya menyampaikan apresiasi khusus karena sudah bersedia ditempatkan di daerah terpencil. Apa yang diberikan sangat bernilai positif karena Lambar juga mempunyai pitu program yaitu bagaimana membuat masyarakat hidup sehat,” ungkap  Parosil saat melepas Tenaga Nusantara Sehat di Aula Kagungan Pemkab Lambar, Senin (28/9).

Bacaan Lainnya



Menurut dia, Kabupaten Lambar merupakan bagian yang mendapatkan program Nusantara Sehat dan hari ini berpamitan dan menyampaikan rasa haru, rasa cinta dan bangga kepada pemerintah dan warga Lambar.

“Saya selaku bupati memberikan apresiasi khusus karena bapak ibu tidak ditempatkan di daerah perkotaan tapi di daerah terpencil dan terluar serta masuk kategori kecamatan dan pekon. Sudah dua tahun memberikan edukasi kepada warga bagaimana menjaga lingkungan sehat, bagaimana menjaga diri agar sehat serta ikut andil begitu besar dalam kaitan pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat yang sehat. Semoga  sumbangsih, tenaga dan pikiran yang disumbangkan bapak dan ibu selama dua tahun mengabdi di Lambar ini menjadi ibadah,” kata dia

Parosil berharap kepada tenaga Nusantara Sehat untuk mengambil yang baik baiknya dan tinggalkan yang buruknya karena tugas yang diemban ini berat, bagaimana mensejahterakan masyarakat Indonesia.

“Saya berharap silaturahmi tidak putus dan saya bangga dengan tenaga Nusantara Sehat dan saya berharap untuk tetap bisa memantau perkembangan program yang telah dilaksanakan apakah masih berjalan dan tingkat keberhasilannya melalui media sosial dan android sehingga kepala puskesmas bisa menindaklanjutinya,” harapnya   

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Paijo, S.K.M, M.Kes mengungkapkan, pada tahun 2018 Kementerian Kesehatan menempatkan sebanyak 27 orang tenaga kesehatan melalui program tim Nusantara Sehat ke Kabupaten Lambar yang ditempatkan di beberapa puskesmas di Kabupaten Lambar. 

Dilain pihak, Ika Alvika Petugas Nusantara Sehat yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan berharap kedepan semoga ada peningkatan pelayanan kesehatan di Kabupaten Lambar terutama di tempat pelayanan pendaftaran pasien.

 “Harapan saya untuk Kabupaten Lambar semoga pelayanan kesehatan lebih ditingkatkan, misalnya pada saat pelayanan pendaftaran petugas harus ramah dan senyum sehingga masyarakat yang ingin berobat juga bisa nyaman dan mau berobat ke puskesmas,” kata dia.

Kesan yang ia dapat selama dua tahun mengabdi di Puskesmas Pagardewa cukup banyak terutama di bidang kesehatan masih banyak kekurangan dilapangan, salah satunya masyarakat masih terpaku terhadap budaya lama yaitu buang air bersih (BAB) di kolam, padahal semestinya di jamban dan untuk merubah perilaku warga ini dibutuhkan proses dan waktu sehingga diharapkan kedepan masyarakat memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan. (lus/mlo)



Pos terkait