Parosil Bagikan Seragam Sekolah Gratis

  • Whatsapp
Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus saat menyerahkan secara simbolis bantuan seragam sekolah gratis kepada salah satu siswa SD

Medialampung.co.id – Bupati Lampung Barat (Lambar) Hi. Parosil Mabsus didampingi Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Ketua TP-PKK Partinia Parosil Mabsus, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki Basri, S.Pd, M.M menyerahkan secara simbolis seragam sekolah gratis kepada siswa Sekolah Dasar  (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di wilayah Kecamatan Balikbukit.

Penyerahan baju seragam sekolah gratis tersebut dipusatkan di GOR Ajisaka Kawasan Sekuting Terpadu (KST), Rabu (30/10), serta dihadiri sejumlah kepala OPD, Kejaksaan Negeri (Kajari), Camat, Peratin, Kepala Sekolah, guru serta 1.828 wali murid.

Bacaan Lainnya



“Pemberian seragam sekolah gratis merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat. Program ini diharapakan mampu mengurangi beban atau biaya yang dikeluarkan oleh orang tua murid untuk menyekolahkan anaknya,” ungkap Parosil dalam sambutannya.

Pembagian seragam untuk siswa-siswi baru ini, lanjut dia, merupakan komitmen pemerintah daerah untuk memajukan dunia pendidikan, serta merupakan bukti janji kampanye Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Lambar, bahwasanya untuk siswa-siswi SD dan SMP sederajat akan mendapatkan seragam geratis dari pemerintah daerah.

“Pengadaan baju seragam sekolah gratis ini melalui proses tender sehingga membutuhkan waktu yang lama, jadi kami mohon maaf kepada para wali murid bukan Bapak Bupati dan jajaran tidak ingin mempercepat pendistribusiannya tapi butuh waktu,” kata dia seraya menambahkan, memang ada masukan dari masyarakat agar minta ditambah seperti ikat pingang, sepatu dan tas namun ini akan bertahap.

Pihaknya berharap pembagian seragam sekolah gratis ini dapat meningkatkan dan menunjang kualitas pendidikan sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan di Lambar. Pemerintah daerah sudah memberikan sarana penunjang dan pendukung untuk meningkatkan pendidikan di Lambar, para kepala sekolah, dewan guru dan unsur staf di masing-masing sekolah bertugas mendukung program pemerintah daerah dengan memberikan motivasi kepada siswa-siswi agar mereka bersemangat. “Kalau ada seragamnya yang ukurannya kebesaran tolong disimpan dulu untuk dipakai tahun yang akan datang karena baju yang dijahit ini sangat banyak, untuk tahun ini dibagikan kepada 10.392 siswa sehingga kemungkinan ada ukuran yang kurang pas,” pungkas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Bulki Basri, S.Pd, M.M dalam laporannya mengungkapkan, tujuan pemberian seragam sekolah gratis ini adalah dalam rangka membantu meringankan beban wali murid terhadap biaya kebutuhan peserta didik, serta mewujudkan pendidikan merata sesuai dengan tagline “Peta Serasi” yaitu pendidikan merata dan seragam siswa.

“Jumlah siswa dan siswa yang mendapatkan baju seragam sekolah di Kabupaten Lambar sebanyak 10.392 siswa, rinciannya SD sebanyak 4.571 orang, MI 836 orang, SMP 3.697 orang dan MTs 1.288 orang. Khusus untuk Kecamatan Balikbukit sebanyak 1.828 orang. Setiap siswa akan mendapatkan baju tiga stel berikut atributnya,” ujar Bulki.

Perwakilan Wali Murid, M. Yudi mengucapkan terima kasih kepada bupati beserta jajarannya yang telah memprogramkan pemberian seragam sekolah gratis bagi siswa yang diterima sekolah pada tahu ajaran baru. “Mudah-mudaha program ini mendapatkan barokah dan inayah sehingga program ini berjalan sesuai dengan harapan. Kami juga mengucapkan mohon maaf karena tidak bisa memberikan tanda terima kasih kepada bapak bupati dan aparatur pemerintah, hanya saja kami wali murid khususnya se Kecamatan Balikbukit mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati beserta jajarannya,” ungkap M. Yudi. (lus/mlo)



Pos terkait