Parosil Bangga Perpustakaan Puska Mandiri Masuk Nominasi Nasional 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ketua Tim Penilaian Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional Drs. Dedi Zunaidi M.Si.,melaksanakan penilaian terhadap Perpustakaan Puska Mandiri Pekon Puramekar Kecamatan Gedungsurian Kabupaten Lambar melalui Video Conference (Vicon), Rabu (1/9).

Dalam kegiatan penilaian lomba perpustakaan desa tingkat nasional tampak hadir Bupati Lambar Parosil Mabsus, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Ratna Dewi Juwita, Ketua DPRD Lambar Edi Novial, Ketua Tim Gerakan Literasi Kabupaten Lambar Partinia Parosil, serta undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

“Saya mengapresiasi atas capaian Perpustakaan Puska Mandiri Pekon Puramekar mewakili Provinsi Lampung yang telah masuk nominasi pada lomba Perpustakaan Umum (Desa/Kelurahan) di Tingkat Nasional,” ungkap Bupati Parosil Mabsus. 

Parosil merasa bangga, dimana salah satu Komitmen Daerah yakni Kabupaten Literasi mendapat pengakuan dari Pemerintah Pusat dan hari ini terbukti Perpustakaan Puska Mandiri yang berada Pekon Puramekar dinobatkan untuk mewakili Provinsi Lampung pada event bergengsi di tingkat nasional. 

“Mudah-Mudahan melalui pencapaian ini dapat semakin meningkatkan motivasi dan kinerja Perpustakaan Puska Mandiri Desa Pura Mekar dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat sekaligus dapat menjadi stimulan bagi masyarakat untuk semakin aktif dalam memanfaatkan keberadaan perpustakaan desa.

Menurut dia, literasi itu juga telah menjadi salah satu prioritas bagi Kabupaten Lambar. Peningkatan akses literasi yang berkualitas di masyarakat dilakukan dengan penyediaan sarana prasarana, pengembangan kompetensi, salah satu sarana prasarana penunjang dalam peningkatan kualitas masyarakat adalah melalui pemanfaatan Perpustakaan Desa.

Oleh karena itu pemanfaatan keberadaaan perpustakaan perlu terus distimulan Perpustakaan yang representatif dan didukung dengan koleksi buku yang lengkap dan nantinya akan memotivasi para pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum untuk memanfaatkan perpustakaan yang ada di Lambar.

Dikatakan Parosil, Pemerintah Daerah Kabupaten Lambar telah melakukan beberapa program untuk meningkatkan minat baca masyarakat yakni 1 bentor 1 kecamatan perpustakaan keliling, Program PM (Pagi Membaca) bagi pelajar, pojok baca bagi desa/pekon dan telah tersedia perpustakaan digital (E-Pusdakab) yang bisa diakses melalui android dengan mendownload aplikasinya di playstore dan masih banyak program-program Kabupaten Lambar dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Literasi.

Hal tersebut merupakan sebuah implementasi yang serius, sehingga ia berharap gerakan literasi di Lampung Barat yang saat ini mewakili Provinsi Lampung dalam lomba Perpustakaan di tingkat nasional dapat menjadi nominasi terbaik untuk memacu masyarakat dalam membaca buku.

“Mudah-mudahan Perpustakaan Puska Mandiri ini dapat menjadi motivasi perpustakaan desa lainnya, sekaligus menjadikan perpustakaan desa Puramekar sebagai role model dalam standarisasi perpustakaan desa yang bermutu dan berkualitas bagi perpustakaan desa lainnya di Kabupaten Lampung Barat,” pungkas dia. (lus/mlo)


Pos terkait