Parosil: Butuh Komitmen Bersama untuk Menuju PPKM Level II

  • Whatsapp
Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus

Medialampung.co.id – Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus mengungkapkan bahwa untuk menuju Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level II, yang memungkinkan untuk menuju arah new normal dengan sedikit pembatasan diperlukan komitmen bersama seluruh elemen masyarakat.

”Saat ini kita sudah berada di level III, anak-anak kita mulai melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka meskipun terbatas, kita menginginkan untuk bisa turun lagi ke level II, dan tentunya perlu kerja keras untuk menuju itu, dan perlu komitmen bersama,” ungkap Parosil, saat menghadiri Konferkab PWI Lambar ke-VI, Selasa (31/8).

Bacaan Lainnya

Komitmen tersebut, kata dia, salah satunya yakni untuk tidak menggelar hajatan terlebih dahulu, mengingat potensi penyebaran Covid-19 di Lambar masih ada. Terlebih lagi hajatan menjadi salah satu kegiatan pengumpulan massa yang berpotensi tinggi penyebaran Covid-19.

”Saya sering sampaikan, mau anaknya bupati, pejabat dan lainnya jangan menggelar hajatan. Kita prihatin masalah pendidikan, mungkin kalau ketemu keluarga yang memiliki Pendidikan yang tinggi tidak menjadi soal, tetapi bagaimana dengan orang tua yang berpendidikan rendah sementara mereka harus mengajari anak-anak mereka karena belum boleh pembelajaran tatap muka,” ujarnya.

Karena itu, ia sangat berharap pembelajaran tatap muka bisa berjalan dengan baik tanpa ada persoalan baru, terkait dengan masih adanya potensi penyebaran Covid-19, salah satunya dengan melakukan evaluasi terhadap penerapan protokol kesehatan (Prokes) di sekolah.

”Seperti kita ketahui, anak-anak ini kan potensi kerumunannya cukup tinggi, ini bagaimana dicegah oleh pihak sekolah, sehingga tidak muncul persoalan,” kata dia.

Selanjutnya, Pakcik—sapaan Parosil Mabsus—juga menyinggung soal keberadaan perawat pekon, yang harus mampu melakukan pemetaan di pekonnya. Tetapi bukan berarti hanya perawat pekon saja yang bekerja, namun tentunya seluruh elemen harus turut membantu, sehingga pandemi ini bisa segera berakhir. (nop/mlo)


Pos terkait