Parosil dan Menkominfo Jadi Narsum Pendidikan dan Launching Platform Sahabat Guru

  • Whatsapp

Medialampung.co.id- Bupati Lampung Barat Hi Parosil Mabsus menghadiri Webinar Nasional sebagai Narasumber pada acara Pendidikan dan Launching Platform Sahabat Guru di Kelurahan Sekincau Kecamatan Sekincau, Jumat (22/10).

Bupati didampingi Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Lambar Padang Priyo Utomo SH., dengan peserta Webinar, Menteri Kominfo Republik Indonesia (RI), Jhonny G. Plate., Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan Dr. Himmatul Hasanah, M.P, Para inisiator Program Sahabat Guru diantaranya Pengembang Inovasi Pendidikan, International Certified Trainer in Education for Asia Ir. Drs. Djohan Yoga, M.Sc., MoT, Ph.D, Rektor Universitas Amikom Yogyakarta Prof. Dr. M. Suyanto, M.M., dan Seluruh Guru Peserta Webinar Pendidikan & Launching Platform Sahabat Guru di Kabupaten Serdang Bedagai

Bacaan Lainnya

Isi kegiatan (pointers) tema “Mewujudkan Guru Cakap Bermedia Digital, Cakap Numerasi dan Berkarakter dalam Menghadapi Tantangan Global”.

Pada sambutannya Parosil mengatakan dalam situasi era digital tantangan yang akan kita hadapi di tengah pandemi Covid-19 tentunya akan semakin berat. Perlu adanya sebuah penguasaan terkait digitalisasi.

Sebagai Guru yang merupakan tenaga bagi dunia pendidikan dengan memberikan bimbingan sekaligus arahan kepada muridnya tentunya harus lebih pandai, lebih cakap dan pintar menggunakan yang namanya media sosial.

Karena media sosial ini bisa menjadi sebuah media yang mempercepat persoalan, penyampaian informasi dan komunikasi, akan tetapi akan menimbulkan masalah baru jika nanti media sosial tidak digunakan dengan bijak. 

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Bupati Parosil berharap sebelum melakukan sharing perlu adanya saring. Saring terlebih dahulu materinya sehingga tidak terjadi hal yang tidak dapat dipertanggung jawabkan

Selain itu tujuan dilakukannya Webinar Nasional ini adalah agar guru dapat cakap bermedia digital, cakap numerasi dan berkarakter dalam menghadapi tantangan global, karena sudah saya sampaikan di awal jamannya era digital.

Guru itu harus mampu memanfaatkan digitalisasi ini dalam rangka menghadapi situasi yang sulit di tengah pandemi Covid-19

Perlu diketahui yang namanya pendidikan tatap muka ini baru dimulai, belajar tatap muka baru dimulai selama ini hampir satu tahun setengah kegiatan belajar ini dilakukan dengan sistem daring atau online.

Ia juga menyampaikan inilah yang harus dikuasai oleh tenaga pendidikan terkait penggunaan media sosial, Penggunaan media sosial yang digunakan tenaga pendidikan selama ini sudah cukup baik.

Kalau Penggunaannya sudah cukup baik, tetapi tentu harus ditingkatkan dengan kegiatan-kegiatan seperti ini, seminar nasional, webinar tentu harus ada sharing antara satu daerah dengan daerah yang lainnya, agar kita ini bisa menuju Indonesia emas, Indonesia maju, Indonesia tangguh dan Indonesia yang hebat.(r1n/rls/mlo)

Pos terkait