Parosil Ingatkan PPL Sosialisasikan Program Asuransi Tani

  • Whatsapp
Danpak Kemarau mulai terjadi kekeringan sawah di Kecamatan Gedungsurian

Medialampung.co.id – Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus mengingatkan para Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), untuk intens mensosialisasikan program Asuransi Tani yang telah digulirkan pemerintah kepada petani.

Pasalnya program itu dinilai sangat membantu petani, seperti ketika terjadi kerusakan tanaman yang berujung pada gagal panen (puso). “Sekarang ini saya dengar banyak lahan atau persawahan yang mengalami gagal panen karena terserang hama, serta faktor cuaca. Untuk menekan kerugian akibat kondisi itu pemerintah memiliki program berupa asuransi tani, yang sifatnya pemberian ganti rugi. Saya yakin masyarat belum banyak tau tentang program tersebut,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya



Pihaknya juga memastikan agar petani tidak perlu khawatir masalah biaya yang dikeluarkan lantaran adanya subsidi pemerintah yang sangat meringankan petani, hanya beban bayaran Rp35 ribu per-hektar. “Biaya asuransi yang dibebankan ke petani dari setiap hektar lahah Rp170 ribu/hektar. Tapi biaya itu disubsidi pemerintah jadi petani hanya wajib membayar RP35 ribu/ha saja. Dan mungkin dengan biaya itu tidak terlalu memberatkan petani,” ujarnya.

Hanya saja saat penyampaian bupati tentang sosialisasi tersebut tidak tampak adanya PPL yang hadir dalam acara pelantikan Lembaga Himpunan Pemekonan (LHP) Masa Bakti 2019-2025 Lima Pekon di Kecamatan Gedungsurian oleh Bupati Parosil Mabsus, yang dilaksanakan di Pekon Mekarjaya tersebut.(rin/mlo)



Pos terkait