Parosil Kenalkan Wisata Lambar Lewat Event GBGL

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Gowes Bareng Goweser Lampung (GBGL) yang diselenggarakan di Kebun Raya Liwa (KRL) Pekon Kubuperahu Kecamatan Balikbukit Lampung Barat, sebagai titik start dan finish, dengan track sepanjang 20 kilometer, dibuka langsung oleh Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus, didampingi Wakil Bupati Mad Hasnurin, Ketua TP-PKK Partinia Parosil Mabsus dan jajaran Forkopimda, Minggu (6/10) yang diikuti oleh ratusan goweser dari luar daerah.

Pakcik—sapaan Parosil Mabsus—mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut, sebagai wadah terjalinnya silaturahmi antar masyarakat khususnya para goweser, sekaligus dalam rangka mengenalkan destinasi wisata yang ada di kabupaten setempat.

Bacaan Lainnya



Menurut dia, menggunakan sepeda sebagai alat transportasi dan olahraga dinilai penting karena dengan bersepeda kita akan memperoleh manfaat yang positif selain menyehatkan penggunanya juga dapat mengurangi polusi udara. Menghemat bahan bakar minyak, menyenangkan, mengasikkan dan mempererat hubungan sosial dan silaturahmi di antara kominitas-komunitas goweser yang semakin tumbuh dan berkembang di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

Terkait hal tersebut, ia berharap dengan berolahraga sepeda ini kita bisa membudayakan hidup sehat , untuk itu dirinya mengajak kepada seluruh peserta mari kita sukseskan event gowes bareng se-Lampung yang merupakan salah satu media positif dalam membudayakan hidup sehat.

”Kedepannya untuk acara seperti ini, akan kita laksanakan di destinasi wisata lainnya karena destinasi wisata di Lambar cukup banyak, dan rencananya akan dilaksankan dengan start puncak gerday, atau biasa disebut dengan negeri diatas awan, jadi para goweser bisa berkemah dan dan setelah menikmati keindahan di pagi hari, dilanjutkan dengan gowes bareng,” ujarnya.

Dilain pihak, Ketua Panitia Penyelenggara Mujitahidin mengungkapkan, event yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Lampung Barat yang ke-28 tersebut melibatkan kepanitiaan dari sembilan Komunitas Goweser Lambar, yang terdiri dari Goweser Liwa LGC, SBC Sumber Jaya, Palak Go.Co Pajar Bulan, Go Tribs Kebun Tebu, Gocapi Liwa, BBC Liwa, GT.c Batu Brak, GSS Sebarus, dan G Sock Giham Sekincau.

Pada event GBGL kali ini pihaknya menyiapkan track dengan  panjang  sekitar  20 Kilometer, dengan variasi tarck MTB XC Trail yang cukup menantang dengan jalur on road berupa aspal dan beton sepanjang 15 kilometer dan offroad (single track tanah) sepanjang 5 kilometer dengan variasi datar dan tanjakan yang cukup menguras tenaga, maupun turunan yang memacu adrenaline goweser.

Terusnya, aktivitas bersepeda selain untuk menyalurkan hobi juga sebagai sarana menjaga kesehatan dan kebugaran jiwa raga, serta merupakan bentuk aktivitas positif. Kegiatan ini juga sekaligus sebagai aksi nyata dalam mendukung upaya hemat energi dan ramah lingkungan yang sejalan dengan Komitmen Bupati Lambar yang akan mewujudkan kabupaten konservasi untuk kesejahteraan masyarakat, yang arah kebijakan pembangunan daerahnya mengutamakan pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup atau berlandaskan pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

”Untuk motto Goweser Lampung, yakni Satu Sepeda Sejuta Sahabat, kemudian untuk tema GBGL ini yakni Sai Kekhita Lamon Puakhi, Ngayuh Jejama Gumah Cekhitani (satu sepeda banyak saudara, gowes bersama banyak cerita),”   pungkasnya. (nop/lus/mlo)



Pos terkait