Parosil Kukuhkan Pengurus PPDI Lambar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bersamaan dengan Launching Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Pekon (APBP) Tahun Anggaran 2021. Bupati Lampung Barat, Hi. Parosil Mabsus mengukuhkan Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Lampung Barat  Rabu (23/12)

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung serba Guna Pekon Jagaraga Kecamatan Sukau ini dihadiri oleh Wakil Bupati Hi. Mad Hasnurin, Ketua DPRD Lambar, Edi Novial, S.Kom., Dandim, Kajari dan Wakapolres Lampung Barat.

Bacaan Lainnya

PPDI adalah wadah berkumpulnya para perangkat desa, yang menurut UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, bahwa yang disebut perangkat desa adalah dari Sekretaris Desa, kasi, kaur dan para pemangku. Di Kabupaten Lambar ada sekitar 1800 an peringkat desa dari 131 pekon yang ada.

Prosesi pengukuhan dimulai dengan pembacaan SK dan dilanjutkan dengan pengucapan janji perangkat desa. Di hadapan para undangan kegiatan Launching Pelaksanaan APBPekon 2021 ini, yang diikuti oleh seluruh peratin dan LHP dari 131 pekon yang ada juga dihadiri oleh seluruh Camat dan para pendamping desa dan tenaga ahli pendamping desa Lampung Barat.

Bupati menyampaikan bahwa PPDI ada untuk membantu peratin dan wadah silaturahmi dan juga meningkatkan kapasitas para perangkat desa.  

Parosil  berharap dengan adanya PPDI ini, akan meningkatkan kualitas kinerja dari para perangkat desa sehingga kualitas pengelolaan dana desa akan semakin baik kedepannya.

Sementara dalam keterangannya, Ketua PPDI Cabang Lampung Barat, Ali Tasko Saifulloh, S.H., menyampaikan bahwa proses lahirnya PPDI di Lampung Barat ini tidak serta merta, tetapi telah melewati proses koordinasi dengan berbagai pihak, baik dengan Pemkab Lambar, Ketua Dewan dan juga diskusi dengan para peratin dan ketua Apdesi Lampung Barat.

“Ini bukan organisasi tandingan para peratin, tapi ini adalah organisasi yang tujuan utamanya adalah membantu peratin dalam melaksanakan tugas pengabdiannya di pekon, dimana dengan wadah PPDI ini akan terbangun silaturahmi antar perangkat pekon dan akan menjadi media belajar saling berbagi ilmu para perangkat dalam menjalankan tugas sebagai pembantu peratin,” kata Ali Tasko.

Dijelaskan oleh Ali Tasko, yang juga Juru Tulis Pekon Waypetai, bahwa telah dilakukan silaturahmi dan diskusi dengan ketua Apdesi Lambar dan juga beberapa peratin lainnya yang tujuannya meminta dukungan dan saran sehingga hadirnya PPDI ini diterima dan membawa manfaat untuk semua pihak.

Tasko, sapaan akrabnya pun menyampaikan terimakasih kepada semua pihak khususnya Bupati Lampung barat yang sedari awal proses pembentukan PPDI ini sangat dan memberikan support yang luar biasa.

“Alhamdulillah, atas dukungan dan restu Bapak Bupati, tahun 2021 PPDI akan mendapatkan dukungan dari Pemda dalam bentuk Hibah, dan ini akan sangat membantu PPDI yang baru lahir ini untuk dapat menjalankan fungsi peran organisasi sehingga tujuan dari dibentuknya PPDI ini akan dapat diwujudkan,” jelasnya.

Lanjutnya selain kepengurusan tingkat kabupaten, PPDI juga akan membentuk kepengurusan di tingkat kecamatan. Dan hingga saat ini sudah  terbentuk kepengurusan PPDI di Enam kecamatan. Terkait dengan manfaat PPDI bagi para perangkat desa atau anggota PPDI ini.

Dijelaskan oleh Tasko, akan dibahas dan dirumuskan dalam rapat kerja yang segera akan dilakukan. Kesejahteraan pengurus dan anggota, menjadi prioritas utama. 

“PPDI ini isinya adalah para perangkat desa, yang jika didata sangat banyak, ada 1800an perangkat desa.  Dan kami sudah mempunyai konsep awal mengenai kegiatan atau program untuk memberikan manfaat kepada para perangkat desa,” papar dia.

“Kami akan segera melakukan rapat, untuk menghimpun aspirasi, mengidentifikasi persoalan dan kebutuhan organisasi dan menyusun program kerja untuk Lima  tahun kedepan, tentu dengan terus berkoordinasi dan mendengarkan arahan dari Pembina Kami, yaitu Bapak Bupati,” tandas Ali Tasko. (rin/mlo)


Pos terkait