Parosil Launching Kampung Tangguh Nusantara

  • Whatsapp

Medialampung.co.id –  Wakapolda Lampung Brigjen Pol Drs Sudarsono,S.H, M.H, bersama Bupati Lampung Barat (Lambar) mencanangkan (launching) Pekon Srimenanti, Kecamatan Airhitam menjadi Kampung Tangguh Nusantara Program Polda Lampung. 

Acara yang ditandai pelepasan balon dan pemotongan pita  di halaman balai pekon Kamis (6/8),  tersebut dihadiri juga Ketua TP-PKK Lambar Partina dan jajaran  Wakil Bupati Mad Hasnurin, Kapolres Lambar AKBP Rachmad Tri Haryadi, S.I.K., seluruh Forkopinda lambar. Uspika Airhitam dan unsur pemerintahan pekon.

Bacaan Lainnya



Dalam sambutannya Parosil menyampaikan, menindaklanjuti telegram Kapolri melalui Polda Lampung, Pemkab Lambar, langsung berkoordinasi dengan Kapolres Lambar, Dan menyepakati Pekon Srimenanti sebagai sebagai Kampung Tangguh Nusantara.

Penunjukan tersebut dengan berbagai pertimbangan dan kriteria, seperti kehidupan masyarakat yang majemuk, serta menanamkan semangat gotong royong yang tinggi, memiliki tingkat ketangguhan terhadap bencana kemudian memiliki adat yang cukup baik, serta toleransi kemasyarakatan yang hakiki.

“Ditunjuknya Pekon Srimenanti sebagai Kampung Tangguh Nusantara, sebagaimana program Polri  karena kegiatan masyarakat tetap terpelihara dengan baik walaupun di tengah pandemi Covid-19 yang sampai sekarang belum mereda tetapi pekon ini mampu menunjukkan eksistensi sesuai komitmen Kabupaten Lampung Barat sebagai Kabupaten Tangguh Bencana melalui Kampung Tangguh Nusantara,” tegasnya. 

Pada kesempatan itu, menjadi harapan bersama, kalau Pekon Srimenanti menjadi percontohan (Pilot Project) pekon lainnya sebagai Kampung Tangguh Nusantara. 

Parosil yang akrab disapa Pakcik juga menyampaikan, potensi lain milik pekon tersebut seperti keberadaan tempat wisata kampung bali, yang tak kalah indahnya dengan Pulau Bali, serta tak jauh dari itu keberadaan destinasi wisata Negeri Di Atas Awan Tamiangan Hill, di Pekon Trimulyo.

“Saya mengharapkan Pak Wakapolda dan rombongan bisa mengunjungi tempat wisata yang tak kalah hebatnya di Kabupaten Lambar,” tegasnya. 

Sementara dalam sambutan Brigjen Pol Drs. Sudarsono, S.H, M.H, sekarang ini hampir seluruh wilayah di NKRI terkena Covid-19, dan menimbulkan dampak terutama di sektor ekonomi, seperti menurunnya daya beli hingga dirumahkannya para pekerja. 

Terkait itu upaya polri untuk dapat berperan kembali menstabilkan situasi seperti membangkitkan kembali ekonomi kerakyatan melalui program tangguh nusantara. Sekaligus bersama mengajak bagaimana antisipasi berkembangnya wahab dengan adaptasi kebiasan baru new normal. 

“Program Kampung Tangguh Nusantara ini untuk bagaimana meningkatkan daya tahan wilayah guna terbentuknya ketangguhan dari semua sektor, mulai dari bidang kesehatan, ekonomi dan keamanan,” katanya.

Pada kesempatan itu Wakapolda didampingi OPD Kabupaten Lambar meninjau semua persiapan Pekon Srimenanti, mulai dari sektor ekonomi, sosial, ketahanan pangan, seperti kolam ikan warga, ternak kambing, perkebunan kopi, begitu juga keberadaan rumah isolasi penganan Covid-19. Dan banyak lainnya. (rin/mlo)



Pos terkait