Parosil Reresmian Gedung Baru UPT Puskesmas Airhitam dan Lantik 15 Kasubag TU Puskesmas Lambar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bupati Kabupaten Lampung Barat (Lambar) H Parosil Mabsus kembali resmikan gedung baru, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Rawat Inap, yang dibangun Tahun 2019.  Dan kali ini Rabu (8/7) menjadi giliran UPT Puskesmas Airhitam, yang berada di Pekon Gunungterang yang diresmikan.

Dalam peresmian itu bupati didampingi Ketua TP-PKK Lambar. Partinia,  Wabup Mad Hasnurin, Ketua DPRD Lambar Edi Novial, S.Kom, dan beberapa anggota DPRD dari Daerah Pilih (Dapil) IV  para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lambar.

Bacaan Lainnya



Pelaksanaan peresmian yang mengedepankan protokol kesehatan  berlangsung meriah, adanya beberapa rangkaian seremonial termasuk pembagian doorprize sepeda dan hadiah hiburan lainnya.

Dalam sambutannya Parosil yang akrab disapa Pakcik menegaskan agar keberadaan UPT Puskesmas untuk dimanfaatkan sebaik mungkin. Bukan saja sebagai sarana berobat. Namun tempat konsultasi masalah kesehatan oleh masyarakat.

Dalam mendukung kemudahan masyarakat memperoleh kesehatan pemerintah juga memiliki program ambulan hebat yang mana fungsi utamanya untuk keperluan transportasi kesehatan dari pekon ke puskesmas. Sehingga Pakcik berpesan untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. 

Kepada petugas puskesmas diminta untuk memberikan pelayanan dengan baik, seperti membuat edukasi guna pelayanan prima di puskesmas. Bangunan pemerintah gedung puskesmas yang megah ini harus benar-benar dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Pada kesempatan itu pihaknya juga menyebutkan bahwa tidak lama lagi kegiatan pendidikan seperti sekolahan akan diaktifkan seperti biasa, karena itu semua pihak diimbau untuk mentaati protokol kesehatan, dan dalam pengawasannya untuk dilaksanakan secara bersama. 

Sementara dalam sambutan yang disampaikan tokoh masyarakat Kecamatan Airhitam Ali Mokson, atas nama seluruh lapisan masyarakat di kecamatan itu khususnya menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Lambar khususnya di masa kepemimpinan Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin atas perhatian yang penuh seperti halnya di bidang kesehatan. Sehingga di Kecamatan Airhitam memiliki fasilitas kesehatan yang tidak kalah kualitas dan kuantitasnya dari puskesmas di kecamatan lainnya.

Kepala UPT Puskesmas Airhitam Asminudin, S.Kep., menyampaikan terimakasih kepada semua pihak, dari kecamatan hingga peratin, uspika, babinsa, babinkamtibmas dan tokoh masyarakat serta tak kalah pentingnya pegawai puskesmas yang telah berperan penuh hingga suksesnya peresmian gedung yang memang sudah lama ditunggu masyarakat, karena tertunda akibat Covid-19. 

Terpisah Kabid SDK Endiawan, S.T. M.T, mendampingi Kadis Kesehatan Paijo, M.Kes., menyebutkan peresmian Puskesmas Airhitam merupakan rangkaian keempat 2020 ini.

“Puskesmas yang diresmikan tahun ini, seperti di Puskesams Buaynyerupa, Kecamatan Sukau, Puskesmas Kebuntebu, Puskesmas Pagadewa dan Puskesmas Airhitam merupakan bangunan APBD Tahun Anggaran 2019,” jelasnya.

Dan tahun ini Pemkab tengah membangun Puskesmas Batuketulis, dan Lanjutan Puskesmas Pajarbulan, Kecamatan Waytenong.

“Dengan dibangunnya dua puskesmas tersebut semua puskesmas di Lambar telah memiliki bangunan bertingkat, ” tandasnya. 

Untuk diketahui pada momentum tersebut bupati juga mengukuhkan (lantik) Kasubag Tata Usaha (TU) 15 Puskesmas tersebar di Kabupaten Lambar. (rin/mlo)



Pos terkait