Parosil Resmikan Gedung UPT PRI Buaynyerupa

  • Whatsapp

Medialampung.co.id –  Untuk kedua kalinya, Bupati Lampung Barat Hi Parosil Mabsus meresmikan Puskesmas Rawat Inap (PRI) Buaynyerupa yang dibangun dengan dana alokasi khusus (DAK) afirmasi tahun 2019.

Jika sebelumnya peresmian dilaksanakan di UPT Puskesmas Kebuntebu, kini giliran UPT Puskesmas Buaynyerupa, Kecamatan Sukau, Selasa (10/3).

Bacaan Lainnya



Dalam sambutannya, Pakcik—Sapaan Parosil Mabsus—menegaskan fungsi Puskesmas bukan hanya untuk berobat melainkan dapat digunakan untuk berkonsultasi, sehingga mindset yang selama ini tertanam di tengah masyarakat harus dirubah.

“Selama ini masyarakat hanya berpikir kalau Puskesmas ini tempat berobat, padahal tidak hanya itu, masyarakat bisa berkonsultasi tentang pencegahan-pencegahan penyakit, karena mencegah lebih baik daripada mengobati, itu yang harus di pahami oleh masyarakat, jadi saya minta agar bapak ibu yang ada disini bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah kita sediakan,” terang Pakcik.

Disamping itu, dengan diresmikan nya dan bergantinya status Puskesmas Buanyerupa menjadi rawat inap tidak ada lagi alasan dan keluhan bagi pegawai dalam menjalankan tugas karena karena kini sudah di dukung dengan fasilitas yang memadai, begitu pun dengan masyarakat diharapkan tidak ada lagi keluhan.

“Peningkatan fasilitas kesehatan bertujuan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat karena sehat itu penting dan sebagai modal dasar yang dapat dimulai dari diri sendiri,” imbuhnya.

Sehingga Parosil berpesan gedung puskesmas yang baru selesai dibangun itu agar dijaga dengan sebaik-baiknya dan dimanfaatkan semaksimal mungkin dan berikanlah pelayanan yang terbaik untuk masyarakat sebagaimana diketahui bahwa pembangunan kesehatan tidak hanya dari sektor kesehatan.

Akan tetapi dari pihak swasta dan masyarakat dan untuk seluruh karyawan dan pimpinan Puskesmas Buaynyerupa tetap memotivasi diri untuk selalu bersemangat dan berusaha meningkatkan kemampuan diri sehingga visi dan misi puskesmas dapat tercapai.

Seperti diketahui, tahun 2018 sebanyak delapan puskesmas ditingkatkan menjadi PRI. Kedelapan puskesmas itu yakni Puskesmas Gedungsurian, Sumberjaya, Suoh, Bandarnegeri Suoh, Belalau, Batubrak, Liwa dan Lumbokseminung.

Sementara di tahun 2019, pembangunan berlanjut untuk empat PRI, yakni di Kecamatan Sukau, Pagardewa, Airhitam dan  Kebuntebu.(edi/mlo)



Pos terkait