Parosil Serahkan Bantuan Empat Unit Bentor Perpustakaan Kecamatan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bersamaan dengan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Tahun Anggaran (TA) 2020, Bupati Parosil Mabsus menyerahkan Empat unit Bentor untuk Kecamatan Kebuntebu, Waytenong, Sekincau dan Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS), Senin (10/2).

Bantuan itu digulirkan Pemkab Lambar melalui Dinas Perpustaakaan Kearsipan sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan Kabupaten Literasi.

Bacaan Lainnya



Armada bentor tersebut dipilih agar pelayanan perpustakaan dapat dirasakan masyarakat di seluruh pelosok kecamatan, karena kendaraan tersebut mampu menjelajah ke daerah-daerah yang tidak terjangkau kenderaan roda empat (R4).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Saripan Halim, mengatakan, untuk operasional bentor tersebut dibiayai oleh dinas terkait, namun masyarakat diharapkan dapat sama-sama menjaga dan memelihara bentor perpustakaan keliling itu.

Dan untuk TA 2020 ini pemkab akan menyalurkan Tiga unit bentor. Dimana diharapkannya nantinya seluruh kecamatan memiliki bentor tersebut. Dan tidak harus menunggu bantuan dari Pemkab melainkan  bisa dianggarkan lewat Dana Desa (DD) apalagi telah didukung Peraturan Bupati (Perbup), tentang Pengembangan perpustakaan pekon.

“Selain bantuan itu kami juga punya program lain yakni perpus berbasis inkulusi sosial, Tujuan untuk kesejaheraan  masyarakat. Dan untuk mensukseskannya akan  ada pembinaan ke kelompok, untuk mengebbangkan potensi yang ada, dengan  disuguhkan dengan bahan bacaan sehingga muncul inovasi.

Sekedar diketahui selain pembagian Empat unit bentor, pada kesempatan yang sama Bupati menyerahkan Sembilan unit kendaraan dinas Daihatsu Terios untuk kendaraan dinas Sembilan camat, dan bantuan pertanian perkebunan lainnya. (ius/mlo)



Pos terkait