Partinia Ajak Emak-Emak Maksimalkan Kebun Toga

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Hadiri penilaian Evaluasi Perkembangan Pekon dan Keluruahan (EPPK) tingkat kabupaten Tahun Anggaran (TA) 2020 di Pekon Pampangan, Kecamatan Sekincau, Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Partinia Parosil Mabsus mengajak para ibu-ibu untuk memanfaatkan lingkungan (pekarangan) menjadi kebun toga.

Dijelaskan Partinia, dengan dapat memanfaatkan kebun toga dengan menanam sayur mayur secara maksimal mampu menekan pengeluaran dapur setidaknya Rp20 ribu/hari. 

Bacaan Lainnya



“Kita patut bersyukur karena masih memiliki pekarangan rumah yang luas, untuk itu mulai saat ini ayo dimanfaatkan menjadi kebun toga untuk mengurangi pengeluaran kebutuhan dapur paling tidak 20 ribu/hari jika kondisi perkebunan toga dapat digarap maksimal,” ajakanya.

Pada kesempatan itu Partinia juga berpesan kepada Pekon Pampangan yang tahun ini didaulat sebagai perwakilan agar mampu mempertahankan prestasi-prestasi yang sudah diraih dan bertekad untuk lebih memaksimalkannya lagi, sebagai bentuk dukungan kepada Pemkab Lambar dalam mewujudkan Kabupaten Lampung Barat Hebat dan Sejahtera.

Sementara ditambahkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Ronggur L Tobing, pada EPP tahun ini indikator penilaian sama saja dengan tahun lalu, hanya saja dibandingkan sebelumnya pekon lebih memiliki kesiapan. Dan terkhusus Pekon Pampangan menjadi satu-satunya peserta EPP 15 Pekon dari 15 kecamatan yang berstatus sebagai Pekon Mandiri.  

Dan berkaitan dengan Pekon Mandiri juga Pekon Pampangan sudah menerapkan pelayanan Sisten Informasi Pelayanan Pubilik (SIPP) Digital. Selain itu telah mampu meraih Pendapatan Asli Pekon (PAP) melalui pemanfaatan dan pengelolaan Tempat Wisata berupa Air Terjun (Curup) Tresno.

“Kalau kita lihat secara umum dari beberapa kecamatan yang sudah diberikan penilaian hasil cukup memuaskan. Namun hasil akhir akan kita tentukan nanti setelah selesainya masa penilaian yang kami targetkan selesai Maret ini,” ujarnya.

Terpisah Peratin Agung Imam Prasetyo, mengakui cukup bangga kepada masyarakat Pekon Pampangan khususnya kaum perempuan yang sangat antusias bersama-sama mensukseskan penilaian EPP dengan menjalankan tugas dan peran masing-masing.

“Bisa dilihat langsung, 200-an ibu-ibu yang mengenakan pakaian seragam itu semuanya Kader PKK dan Kader lainnya milik Pekon Pampangan, mereka sangat antusias mengikuti tahapan EPP ini,” tandasnya. (ius/mlo)



Pos terkait