Partinia Pimpin Peringatan HCTPS Sedunia di SDN 1 Sukapura

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Peringatan, Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia 2021 yang dipusatkan di SD Negeri 1 Sukapura, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang dipimpin Ketua TP-PKK Kabupaten Partinia berlangsung meriah. 

Dalam peringatan Gerakan Cuci Tangan Sedunia, tersebut, Ketua TP-PKK hadir bersama seluruh jajaran TP-PKK Kabupaten, Camat Sumberjaya Drs Dahlin, M.Pd., dan jajaran Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sumberjaya Subianto, S.Km., dan jajaran, Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Korwil Disdikbud), Peratin. Sukapura Setiawati dan jajaran, seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) dari tingkat TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, Kecamatan Sumberjaya dan anak didik SDN 1 Sukapura khususnya.  

Bacaan Lainnya

Kegiatan diawali dengan senam cuci tangan bersama, kemudian dilanjutkan dengan gerakan cuci tangan serentak, penanaman pohon, pembagian doorprize kepada siswa didik seperti pembagian buku, hand sanitizer, dan pemberian sembako kepada para lanjut usia (lansia) oleh Partinia sapaan akrab Mak Cik sehingga tahapan demi tahapan dalam kegiatan berlangsung meriah dan penuh arti.

Dalam sambutannya Mak Cik menegaskan pihaknya sengaja mengajak memperingati hari cuci tangan sedunia, karena dirinya merasa terpanggil, dalam menyampaikan kepada masyarakat agar membudayakan cuci tangan.

“Saya merasa terpanggil, untuk terus menerus mengajak masyarakat mulai dari anak-anak, hingga dewasa, agar senantiasa membiasakan cuci tangan dengan baik dan benar, sebagai ikhtiar Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) guna terus terjaganya kesehatan jasmani,” ungkapnya. 

Lanjutnya, sejak 2008 setiap tanggal 15 Oktober telah ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai HCTPS sedunia, dalam upaya meningkatkan praktik higiene dan sanitasi di masyarakat.

Peringatan HCTPS 2021 mengusung tema Kebersihan Tangan Untuk Semua, dan tema itu diangkat untuk meningkatkan bahwa mencuci tangan melindungi kesehatan pribadi. Namun memungkinkan untuk membangun masa depan dan juga komunitas. Serta dunia cuci tangan adalah metode yang bukan saja mudah melainkan juga efektif dan efisien menanggal penyakit. 

“Belakangan ketika virus Corona mewabah cuci tangan adalah salah satu pencegahan yang gencar digaungkan para ahli dan pemerintah, berdasarkan hal tersebut maka saya selaku Ketua TP PKK kabupaten Lampung Barat merasa perlu ikut berpartisipasi serta menyebarluaskan dan dipraktikkannya perilaku cuci tangan pakai sabun sejak usia dini agar anak-anak menjadi generasi sehat cerdas dan sejahtera,” imbuhnya.

Diulasnya sebelum adanya wabah virus Corona TP-PKK Lampung Barat rutin melaksanakan kegiatan seperti ini tujuannya untuk mengajak masyarakat untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan sekarang dengan adanya wabah harapan pihaknya agar semua bisa meningkatkan PHBS upaya menjaga untuk hidup sehat di usia dini. 

“Kita semua berharap kegiatan ini mempunyai sumbangsih yang besar terhadap peningkatan derajat kesehatan kita dan masyarakat,” ujarnya. 

Sementara disampaikan Ketua Pelaksana dan juga Ketua Pokja IV Bidang Kesehatan TP-PKK Lambar Eva sudiana Wasisno, maksud peringatan cuci tangan pakai sabun sejak usia dini agar anak menjadi generasi yang Sehat cerdas dan sejahtera tujuannya membiasakan anak-anak anak dan anggota keluarga lainnya untuk cuci tangan pakai sabun dan mengajarkan mereka untuk hidup sehat sejak dini. ” Pema peringatan cuci tangan 2021 ini ‘Kebersihan Tangan Untuk Semua’. 

Sementara disampaikan Kepsek SDN 1 Sukapura, Umi Winarsih, M.Pdi., merasa bangga dipercaya sebagai tuan rumah peringatan cuci tangan sedunia tingkat Kabupaten Lambar.

“Mudah-mudahan dengan kita membudayakan cuci tangan terus terbentuk kesehatan tubuh, dan dijauhkan dari segala penyakit,” harapnya. 

SDN 1 Sukapura yang memiliki slogan, Sakara Bersinar (Satu Sukapura Bersih Elok, Ramah Sehat Indah Nyaman Aman dan Rindang) merasa bangga atas suport Ibu Bupati terkait kue olahan pisang rasa kopi buatan SDN tersebut. (r1n/mlo)


Pos terkait