Partinia Resmi Canangkan Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan

  • Whatsapp
Ketua TP PKK Kabupaten Lambar Partinia Parosil secara resmi mencanangkan Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan tahun 2019 yang dipusatkan di Gedung PKK Komplek Pemkab, Selasa (17/9) - Foto Humas Pemkab

Medialampung.co.id – Ketua TP PKK Kabupaten Lambar Partinia Parosil secara resmi mencanangkan Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan tahun 2019 yang dipusatkan di Gedung PKK Komplek Pemkab, Selasa (17/9).

Partinia dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan merupakan suatu rangkaian kegiatan keterpaduan dalam rangka menyambut Hari Keluarga Nasional tanggal 29 Juni, Hari Kesehatan Nasional (HKN) tanggal 12 November dan Hari Kesrak PKK tanggal 4 Maret.

Bacaan Lainnya



Pada pelaksaan di lapangan, kegiatan bakti TNI KB terpadu yang berakhir pada bulan Oktober, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pencapaian akhir selama tiga bulan melalui bulan Oktober sampai dengan bulan Desember melalui kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan.

Sebagai upaya memberikan penghargaan terhadap berbagai usaha yang dilaksanakan sesuai dengan petunjuk yang disampaikan tim pusat maka pelaksanan kesrak KKBPK-Kesehatan tahun 2019 akan dilakukan penilaian terhadap empat jenis kegiatan, yaitu pelaksanaan terbaik kegiatan kesrak KKBPK-Kesehatan, pelaksana  terbaik posyandu, pelaksana terbaik prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di rumah tangga, serta pelaksana terbaik lingkungan bersih dan sehat. Penilaian secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional.

Lanjut dia, bersamaan penilaian kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan akan dilaksanakan penilaian lomba kegiatan PKK yaitu lomba tertib administrasi PKK, lomba Pola Asuh dan Remaja (PAAR), lomba UP2K PKK, lomba Hatinya PKK, serta lomba IVA test. “Saat ini adalah kesempatan kita semua untuk berbuat, untuk berkarya dalam keterpaduan membangun Lambar.  Ibu-ibu yang belum sempat mari kita mulai, yang sudah berkarya ayo kita tingkatkan sehingga kita dapat bermanfaat untuk banyak umat,” ajaknya

Lanjut dia, harapan dari pelaksanaan kegiatan operasional di lapangan dapat lebih terkoordinasi dan terarah dalam mencapai kesepakatan sehingga menghasilkan karya nyata dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain itu, kesrak benar-bener mantap koordinasinya, keterpaduan dan dukungan semua unsur pelaksana. “Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih atas dukungan bapak, ibu serta seluruh kader PKK yang telah membantu dan berpartisipasi untuk memajukan kegiatan-kegiatan PKK baik yang ada di kecamatan maupun di kabupaten,” ungkapnya.

Dilain pihak, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ir. Amirian, M.P dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun. Kegiatan tersebut bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan institusi keluarga berencana kesehatan di pekon dengan kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai sasaran utamanya.

Lebih jauh dia mengungkapkan, pihaknya mempunyai tugas untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dan mengatasi masalah kemiskinan, upaya yang dilakukan bukan hanya sebatas pada pembatasan jumlah kelahiran tetapi juga mencakup upaya peningkatan kesejahteraan keluarga. Melalui program keluarga berencana juga mencakup program Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), dan Unit Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). “Lomba kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan adalah sarana untuk memotivasi para kader dan keluarga serta TP PKK mencapai target PKK-KKBPK dan Kesehatan,” pungkasnya. (lus/mlo)



Pos terkait