Pasar Kembali Ramai, Penggunaan Masker Masih Minim

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Upaya Pemkab Waykanan melakukan sosialisasi physical distancing ataupun penerapan protokol kesehatan khususnya menggunakan masker nampaknya masih belum efektif.

Hal itu terlihat di pasar milik Pemda di KM 2, Minggu (3/5) pagi, di pasar yang terlihat kembali ramai tersebut masih banyak pembeli maupun pedagang yang sama sekali tidak memperhatikan physical distancing maupun penggunaan masker.

Bacaan Lainnya



“Bukannya saya tidak mau menggunakan masker, tetapi karena merasa sesak di sisi lain saya berpikir orang-orang yang di pasar ini semua dalam kondisi sehat, jadi tidak akan menularkan virus Corona, untuk physical distancing atau menjaga jarak Bagaimana kami mau menjaga jarak karena sama-sama mau belanja di satu tempat dan para pedagangnya pun tidak dibuat berjarak sehingga secara tidak langsung saat kami berbelanja akan saling berhimpitan,” ujar Lina salah satu masyarakat yang berbelanja di pasar tersebut.

Pada kesempatan berbeda Sodri seorang pembeli ikan yang menggunakan protokol kesehatan lengkap ini dengan menggunakan masker dan baju parasut dengan tegas mengatakan hal itu ia lakukan untuk menjaga dirinya dan keluarganya dari kemungkinan-kemungkinan terburuk.

“Mungkin saya agak terlihat aneh tetapi ini harus saya lakukan karena walaupun Blambanganumpu termasuk zona hijau akan tetapi yang hadir di pasar ini berasal dari berbagai daerah berbeda Bahkan dari luar Waykanan, sesampainya di rumah nanti semua pakaian yang saya pakai ini akan langsung saya rendam di air sabun atau pembersih,” tegas Sodri.

Terpisah, Kabid Pasar Dinas Perdagangan dan Pasar Kabupaten Waykanan Hafizin, menegaskan, pihaknya pernah melakukan pengaturan terhadap para pedagang dengan tujuan agar pelaksanaan physical distancing di pasar dapat berjalan, namun hal itu tidak dituruti oleh para pedagang.

“Rabu yang akan datang akan kembali dilakukan pengaturan ulang karena hal itu sangat penting bagi kesehatan masyarakat maupun pedagang itu sendiri,” tegas Hafizin.(wk1/mlo)



Pos terkait