Pasar Kota Krui Langganan Banjir

  • Whatsapp

Medialampung.co.idSejumlah aliran sugai yang melintasi wilayah Kelurahan Pasar Kota Krui Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mendesak untuk ditangani, seperti normalisasi aliran sungai di wilayah itu.

Pasalnya, jika tidak segera dinormalisasi maka pemukiman penduduk di wilayah itu akan terus terendam banjir.

Bacaan Lainnya



Lurah Pasar Kota Krui, Sartono, mengatakan di wilayah Kelurahan Pasar Kota Krui dilalui sejumlah aliran sungai seperti sungai Way Balau, Way Batu, dan aliran sungai lainnya. Sehingga jika turun hujan deras dapat dipastikan pemukiman warga akan terendam banjir salah satunya akibat dari luapan aliran sungai yang melintasi wilayah Pasar Kota Krui itu.

Ditambahkannya, seperti banjir yang terjadi Jum’at (20/3) sekitar pukul 02.30 WIB, sedikitnya sekitar 60 rumah warga yang terdampak banjir termasuk kantor Kelurahan Pasar Kota Krui, meski ketinggian air berkisar 50 centimeter. Namun itu tidak begitu berdampak terhadap masyarakat. Terlebih genangan banjir tersebut rata-rata cepat surut.

“Kita juga sudah mengumpulkan seluruh kepala Lingkungan agar dapat mendata jika memang ada kerugian akibat bencana banjir tersebut,” katanya.

Masih kata dia, bencana banjir yang terjadi tersebut memang rutin terutama saat terjadi hujan lebat. Untuk itu, masyarakat di wilayah ini mendesak agar Pemkab setempat dapat memprioritaskan penanganan bencana banjir tersebut, salah satunya dengan normalisasi aliran sungai. Mengingat aliran sungai di wilayah ini selain sudah mengalami penyempitan juga sudah cukup dangkal.

“Kami minta aliran sungai yang melintasi wilayah Kelurahan Pasar Kota Krui ini segera dinormalisasi karena salah satu pemicu utama penyebab banjir. Mudah-mudahan jika sudah dilakukan normalisasi maka bencana banjir bisa berkurang bahkan tidak lagi terjadi,” ujarnya.

Sementara itu, kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesbar, Syaifullah, S.Pi., mengatakan bencana banjir yang terjadi di wilayah Kelurahan Pasar Kota Krui tersebut memang kerap terjadi.

Sehingga masyarakat tetap harus siaga dan waspada terutama saat musim penghujan. BPBD setempat tentunya akan tetap memaksimalkan penanggulangan terhadap banjir yang terjadi di wilayah itu seperti tadi pagi sejak kejadian banjir telah menurunkan petugas untuk membantu masyarakat.

“Saat terjadi banjir yang melanda pemukiman warga tersebut kita tetap melakukan penanganan seperti biasa. Sedangkan mengenai aliran sungai yang ada di wilayah Kelurahan Pasar Kota Krui itu juga kedepan tentu harus menjadi perhatian bersama untuk penangananya,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait