Pasca Diguyur Hujan Deras, Pagar di KRL Roboh

  • Whatsapp

Medialampung.co.id –  Pagar di Kebun Raya Liwa (KRL) Lampung Barat roboh akibat longsor yang terjadi setelah hujan deras melanda wilayah itu, Senin (18/11). Total panjang longsor sekitar sekitar 17 meter, dan akibatnya jalan setapak menuju taman buah yang menjadi salah satu spot favorit pengunjung KRL sempat tertimbun dan kini sudah dilakukan penanganan sementara.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Lambar Tri Umaryani mengatakan, selama musim kemarau kondisi tanah yang berada di pagar pembatas tersebut sudah mengalami keretakan, hingga saat hujan deras yang mengguyur pada Senin sore menyebabkan tanah longsor dan membuat pagar roboh.

Bacaan Lainnya



“Ini karena hujan deras yang terjadi, kondisi tanah yang sebelumnya memang mengalami keretakan itu tersiram hujan deras sehingga terjadi longsor dan menyebabkan kerusakan pada pagar,” ungkap Tri.

Terusnya, pihak UPT KRL telah melakukan penanganan sementara terkait dengan longsor tersebut sehingga meskipun terjadi hujan deras  longsor bisa diminimalisasi, dan tentunya kedepan akan diupayakan untuk penanganan lanjutan sehingga tidak terjadi longsor kembali.

“Penanganannya sudah dilakukan oleh pihak UPT KRL, berupa pemasangan pancang dari bambu kemudian pembersihan material longsor yang sempat menutupi jalan setapak yang sebelumnya menutup akses pengunjung menuju taman buah,” kata dia.

Dikatakannya, lokasi longsor tersebut memang cukup rentan terjadi longsor, sehingga kedepannya penanganan direncanakan akan dilakukan lebih maksimal lagi, berupa pembangunan talud penahan, sehingga  longsor seperti itu tidak  terjadi lagi. (nop/lus/mlo)



Pos terkait