Pasca Lebaran, Minat Warga Buat Kartu Kuning Meningkat

  • Whatsapp

Mediaampung.co.id, BALIKBUKIT – Pasca hari raya Idul fitri 1440 Hijriyah, minat masyarakat Kabupaten Lambar untuk membuat kartu kuning (AK-1) meningkat.

Bahkan baru dua hari dibuka pelayanan pasca libur lebaran, sudah ada puluhan orang yang mengurus kartu kuning di Kantor Dinas Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja.

Bacaan Lainnya



“Jika dibandingkan bulan-bulan sebelumnya minat warga untuk membuat kartu kuning meningkat. Ini saja baru buka dua hari pasca libur lebaran sudah ada puluhan warga yang membuat kartu kuning,” kata Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja Ir. Sugeng Raharjo, kemarin.

Untuk bulan Juni dan Juli kata dia, biasanya akan banyak warga yang mengurus kartu kuning untuk mencari pekerjaan, selain karena kelulusan sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat juga ada rencana penerimaan CPNS.

Lanjut dia, masa berlaku kartu kuning tersebut selama dua tahun namun setiap enam bulan sekali dilakukan perpanjangan oleh pihaknya.

“Rata-rata warga yang mengurus kartu kuning tersebut pendidikannya diploma tiga (D-3) dan pendidikan Strata Satu (S-1), tegasnya seraya menambahkan, sejak Januari hingga kemarin, Selasa (11/6) jumlah warga yang membuat kartu kuning mencapai 226 orang, rinciannya Januari 79 orang, Februari 23 orang, Maret 19 orang, April 12 orang, Mei 80 orang, dan Juni tepatnya Senin-Selasa (10-11/6) sebanyak 15 orang.

Kata dia, permohonan pembuatan kartu kuning di Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Naker tidak dipungut biaya alias gratis. Sehingga para pelamar kerja yang akan membuat kartu kuning diimbau untuk langsung datang ke kantor tersebut pada saat jam kerja.

“Selain gratis juga pembuatannya cepat dan langsung jadi, sepanjang persyaratannya lengkap. Jadi bagi warga yang ingin membuat kartu kuning silahkan datang ke kantor Dinas Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja, imbuhnya. (lus/mlo)



Pos terkait