Pasien Covid-19 Asal Waykanan Dinyatakan Sembuh

  • Whatsapp
Bupati Waykanan Hi. Raden Adipati Surya, SH. MM.

Medialampung.co.id – Di hari ke 3 Idul Fitri, Bupati Waykanan Hi. Raden Adipati Surya, SH. MM. berbagi kebahagiaan dengan menyampaikan kabar gembira, warga yang sempat terkonfirmasi Covid-19 dinyatakan sembuh. 

“Alhamdulillah, di tengah hari yang fitri ini, kita mendapatkan kabar kalau salah satu warga kita dinyatakan sembuh dari Corona, dan tentunya ini merupakan kebahagiaan yang tak terkira bagi kita semua,” ujar Hi. Raden Adipati Surya yang juga sebagai Ketua Gugus Tugas Waykanan.

Bacaan Lainnya



“Walaupun demikian dengan kondisi seperti ini saya sangat berharap agar masyarakat Kabupaten Waykanan khususnya dapat terus memprioritaskan pelaksanaan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, menggunakan masker saat keluar rumah dan menjaga jarak saat berkumpul dengan keluarga lainnya itu semua untuk kepentingan dan keselamatan kita bersama,” imbuh Adipati.Surya.

Terpisah, Jubir gugus tugas setempat menerangkan bahwa warga Waykanan yang dinyatakan sembuh itu adalah SS (17), warga Baradatu Waykanan.

Pada Hari Senin (4/5), SS merupakan pasien yang pulang ke Waykanan dari Jakarta dengan diagnosa Gagal ginjal akut yang kemudian dirujuk ke RSAM.

Di RSAM, dilakukan pemeriksaan lanjutan terhadap SS pada tanggal 5 Mei dengan diagnosa Hepatitis akut + cedera ginjal akut + Leptospirosis + cholelithiasis (batu empedu), Kemudian dilakukan pengambilan sampel Swab dan sampel dikirim ke BBLK Palembang. Pemantauan kesehatan terhadap SS terus dilakukan oleh para petugas ruang isolasi covid-19 RSAM setiap harinya.

Lalu Tanggal 11 dan 14 Mei 2020, kembali dilakukan pengambilan sampel swab/sputum dan dikirim ke BLK Provinsi Lampung, selanjutnya pada tanggal 19 Mei 2020 mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung bahwa hasil pemeriksaan sampel Swab/Sputum SS yang dikirim ke BBLK Palembang terkonfirmasi positif Covid-19.

Tanggal 25 Mei 2020, hari Senin mendapatkan informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, hasil pemeriksaaan sampel swab/sputum kedua dan ketiga terhadap SS yang dikirim ke BLK Provinsi Lampung dinyatakan negatif covid-19, dan rekomendasi dari Dokter Penanggung Jawab Pelayanan dari Rumah Sakit Abdoel Moeloek kondisi SS terpantau sehat dan dinyatakan sembuh dan bisa pulang.

“Tatalaksana selanjutnya adalah pasien tersebut diminta tetap melakukan protokol kesehatan, menerapkan physical dan social distancing (jaga jarak), menggunakan masker, serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Kita semua berdoa semoga semuanya akan sehat-sehat saja,” tutur Anang Risgianto.(wk1/mlo)



Pos terkait