Pasien Positif Covid-19 Sempat Dipulangkan

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Sempat terjadi kekeliruan penyampaian informasi mengenai keberadaan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) asal Metro Timur yang dinyatakan Positif Covid-19 dari hasil uji swab.

Kini pasien yang sempat dipulangkan sebelum hasil swab keluar, telah dirawat kembali di ruang Isolasi RSUD A. Yani, hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Erla Andrianti, menurutnya keberadaan pasien tersebut saat ini dirawat di ruang isolasi RSUD setempat.

Bacaan Lainnya



“Ya memang sempat dipulangkan, setelah secara Klinis kondisi pasien sehat, memang protokol kesehatannya diperbolehkan pulang dengan melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari,” ujarnya, Jumat (8/5).

Ditanya mengenai apakah ada pengawasan dari tim medis saat isolasi mandiri, Erla pun mengaku tidak ada.

“Tidak, tapi memang jika tidak dilaksanakan isolasi mandiri maka, pasien tersebut akan dijemput untuk diisolasi di rumah sakit,” ungkapnya.

Sehingga sempat dipertanyakan? Apakah Dinkes merasa kecolongan memulangkan PDP Covid-19 sebelum hasil swabnya keluar sehingga berpotensi menularkan ke masyarakat, Erla pun mengaku tidak, karena kemungkinan seperti itu bisa terjadi.

“Ya tidak, karena kemungkinan itu bisa saja terjadi, memang secara protokol penanganan Covid-19, jika gejala klinis telah sehat diizinkan pulang,” tuturnya.

Diketahui sebelumnya, pada Rabu (6/5), Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Metro A Nasir AT, mengkonfirmasi PDP  tenaga medis perempuan berumur 50 tahun asal Metro Barat positif Covid-19, dan tengah menjalani isolasi di RSUD A Yani.

Namun ternyata PDP tersebut telah dipulangkan pada Senin (4/5) malam, hingga membuat warga gelisah lantaran pasien positif Covid-19 tersebut tidak diisolasi di RSUD setempat, hingga akhirnya tim satgas pun menjemput pasien untuk diisolasi di RSUD A Yani Kota Metro.(pip/mlo)



Pos terkait