Pasien Positif Covid-19 Terus Bertambah, 4 Nakes Puskesmas Buaynyerupa Jalani Isolasi 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kasus penambahan pasien positif Covid-19 di Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat terus bertambah. Terbaru, pada Jumat (29/1) tim gugus tugas kembali mengumumkan penambahan empat kasus yang merupakan hasil tracing tenaga kesehatan Puskesmas setempat.

Seiring dengan bertambahnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah itu, membuat empat tenaga kesehatan (Nakes) kini menjalani isolasi mandiri usai melakukan tracing kepada para pasien.

Bacaan Lainnya

Kepala UPT Puskesmas Buaynyerupa Sardi, S.K.M mengatakan, empat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 itu kini telah menjalani isolasi, bahkan isolasi mandiri telah dilakukan sebelum hasil Swab keluar pada Jumat (29/1).

“Penambahan empat pasien ini merupakan hasil kegiatan tracing beberapa waktu lalu dan sebelum hasil swabnya dinyatakan positif, mereka memang sudah isolasi sehingga masyarakat tidak perlu resah,” ungkap Sardi.

Terkait kegiatan tracing yang dilakukan, lanjut dia, untuk saat ini telah selesai dilaksanakan, sehingga seluruh warga yang memiliki riwayat kontak erat dengan para pasien itu telah menjalani Swab dan isolasi mandiri.

“Untuk tracing sudah selesai, semua pasien yang punya riwayat kontak sudah kita Swab dan saat ini juga ada empat tenaga kesehatan yang sedang isolasi mandiri dan masih menunggu hasil Swab,” jelasnya.

Alasan dilakukannya isolasi dan Swab terhadap empat Nakes tersebut, menurutnya sebagai langkah antisipasi mengingat para Nakes tersebut turun kelapangan melakukan tracing dan kontak dengan para pasien.

“Ya mereka kan turun kelapangan dan bertemu langsung dengan para warga yang sempat kontak hingga dinyatakan positif, jadi untuk antisipasi maka wajib isolasi dan di swab, tapi saat ini hasilnya belum keluar,” imbuhnya.

Dengan bertambahnya kasus positif Covid-19 di kecamatan itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak panik namun tetap waspada serta mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak serta rajin mencuci tangan ditengah aktivitas sehari-hari.

“Kita harus bersatu melawan wabah ini, caranya tidak lain adalah dengan menjalankan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Jangan anggap remeh karena nyatanya virus ini ada dan masih ada di sekitar lingkungan kita,” pesannya. (edi/mlo)




Pos terkait