Pastikan KBM Sesuai Prokes, Ketua DPRD Bersama Tim Pemkab-Kecamatan Monitoring ke Sekolah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ketua DPRD Kabupaten Lambar Edi Novial, S.Kom didampingi tim dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Lingkungan Hidup, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP), Satuan Polisi Pamong Praja serta jajaran kecamatan melakukan monitoring kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka terbatas di sejumlah sekolah di Kecamatan Kebuntebu dan Kecamatan Airhitam, Kamis (16/9)

Sejumlah sekolah yang dikunjungi yaitu SDN 2 Purajaya Kecamatan Kebuntebu, SMPN 1 Kebun Tebu, SMPN 1 Gedungsurian, Madrasah Ibtidaiyah Pura Mekar Kecamatan Gedungsurian, SDN 1 Tri Mulyo Kecamatan Gedungsurian, SMPN 1 Airhitam, serta SDN 1 Semarangjaya Kecamatan Air Hitam. 

Bacaan Lainnya

Ketua DPRD Edi Novial mengungkapkan, ia bersama sejumlah Perangkat Daerah bersama jajaran kecamatan meninjau langsung persiapan dan kelengkapan di sekolah yang berkaitan dengan protokol kesehatan (Prokes).

“Sesuai hasil monitoring yang kita lakukan untuk seluruh sekolah telah menerapkan protokol kesehatan,” ujar Edi Novial, Kamis (16/9).

Menurut dia, sebelum masuk ke sekolah anak anak wajib mencuci tangan dan memakai masker, kemudian di cek suhu tubuh menggunakan alat Thermogun, dan di dalam kelas anak anak menerapkan jaga jarak.

“Untuk penerapan jaga jarak di dalam ruang kelas ini baru 98 persen dan saran kita masih perlu dilakukan penataan meja dan kursi di dalam kelas. Selain itu, untuk air minum, rata-rata masih banyak anak yang tidak membawa air minum sendiri dan kita sarankan untuk membawa air minum sendiri dari rumah dan snack jika ada,” kata dia 

Mengingat saat ini masih ada wabah Covid-19. Edi mengimbau seluruh sekolah di Kabupaten Lambar untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat, hal ini demi kesehatan siswa dan pihak sekolah.

“Dengan menerapkan protokol kesehatan, semoga kita semua selalu sehat dan terhindar dari virus Covid-19,” ucapnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Camat Kebuntebu Ernawati, S.E., mengungkapkan, kegiatan monitoring dan evaluasi tersebut dilaksanakan dalam rangka mengecek kesiapan Satgas Covid-19 tingkat sekolah serta memastikan KBM tatap muka terbatas berjalan lancar mulai dari mengecek sarana pendukung, cuci tangan, hand sanitizer, masker, hingga makanan anak-anak dari rumah. 

“Dari pengecekan Alhamdulillah sudah siap semua dan tidak ada yang kurang dan beberapa waktu lalu kita dari kecamatan juga sudah turun ke sekolah guna memastikan prokes benar-benar dilaksanakan di sekolah,” ungkap Ernawati. 

Ia menjelaskan, di Kecamatan Kebuntebu untuk penerapan Prokes melibatkan Satgas Pekon, perawat dan bidang desa. Jadi sebelum masuk ke sekolah dibantu oleh Satgas Pekon, perawat dan bidan desa untuk mengecek suhu tubuh dan. lainnya serta tidak boleh berkerumunan. 

“Keterlibatan Satgas Sekolah dan Satgas Pekon dan Tenaga Kesehatan memang dikedepankan. Harapan saya KBM yang dengan kondisi saat ini tatap muka terbatas kalau bisa tidak terbatas lagi atau kembali normal, dengan catatan kita semua menerapkan prokes secara ketat,” pungkas dia. (lus/mlo)


Pos terkait