Patut Dicontoh, Puskesmas Bantu Fasilitasi Pembuatan BPJS Warga Kurang Mampu

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Selain fokus dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, UPT Puskesmas Liwa, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat juga hadir ditengah-tengah masyarakat untuk membantu memfasilitasi warga yang belum tercover dalam program badan pengelola jaminan kesehatan (BPJS).

Seperti yang dilakukan kepala UPT Puskesmas Liwa, Harjunadi, S.St, yang membantu memfasilitasi Hatono Marto Suwito (69) warga Pekon Watas kecamatan Balikbukit seorang penderita stroke yang belum memiliki jaminan kesehatan. 

Bacaan Lainnya

Kapuskes Liwa Harjunadi, mengungkapkan bahwa Hartono yang kesehariannya bekerja sebagai buruh bangunan yang sejak beberapa bulan lalu menderita stroke, namun proses pengobatan terhambat karena dirinya belum tercover dalam BPJS.

“Sehingga untuk memudahkan registrasi BPJS, maka kita bantu fasilitasi untuk proses pemindahan KK terlebih dahulu, karena Pak Hartono masih terdaftar sebagai warga kabupaten Mesuji,” jelasnya.

Kini, kata dia, seluruh pemindahan administrasi kependudukan tersebut telah selesai, sehingga pihaknya tinggal menunggu proses kepesertaan BPJS.

“Semoga secepatnya BPJS-nya selesai, supaya tidak ada kendala lagi untuk proses pengobatannya,” kata dia. 

Selain memfasilitasi jaminan kesehatan warga tersebut, puskesmas juga menyalurkan sejumlah bantuan vitamin sekaligus memeriksa kesehatan pasien secara rutin. 

“ini telah menjadi program kegiatan rutin untuk melayani kesehatan masyarakat secara jemput bola, sekaligus menyalurkan sejumlah bantuan vitamin untuk membantu menjaga kesehatan,” jelasnya.

Sebab, pihaknya berharap program ini ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh lapisan masyarakat agar tergerak untuk saling membantu terhadap sesama terutama untuk membantu warga kurang mampu yang tengah menderita sakit.

Sementara itu, Peratin Watas Mirwan Atmaja menyampaikan ungkapan terimakasih atas perhatian Puskesmas Liwa terhadap salah satu warganya tersebut. 

“Terimakasih atas perhatian dan kepeduliannya semoga bantuan dan perhatian ini dapat bermanfaat untuk membantu kesehatan warga kami,” tandasnya.(edi/mlo)




Pos terkait