Patut Dicontoh, Tiap Panen Petani Sisihkan Rezeki untuk Bangun Jalan Produksi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Petani di Pekon Sumberagung Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat menyisihkan sedikit rezekinya setiap kali panen padi.

Dana yang terkumpul dipergunakan untuk membangun jalan produksi di wilayah itu khususnya jembatan, dalam rangka menunjang usaha pertanian di wilayah itu. 

Bacaan Lainnya



Peratin Sumberagung Joko Purnomo mengungkapkan, potensi areal persawahan mencapai 200 hektare (Ha), dengan kondisi jalan dan jembatan yang belum dibangun. 

Dilatarbelakangi keinginan petani untuk lebih mudah dalam mengangkut hasil panen, maka petani sepakat untuk menyisihkan sedikit hasil rezekinya setiap kali panen. 

“Petani iuran dan untuk tahap pertama ini berhasil terkumpul dana sebesar Rp10 juta, dan dana tersebut dipergunakan untuk membangun jembatan, yang sebelumnya kondisi jembatan masih berupa bilah bambu,” ujarnya. 

Tidak hanya itu, kata dia, petani juga melakukan pembangunan secara gotong-royong, mulai dari proses pengumpulan material hingga pelaksanaan pembangunannya. 

“Tidak hanya sekali ini saja, petani juga telah sepakat untuk iuran selama tiga tahap, dan akan kembali membangun jembatan di beberapa lokasi lainnya,” kata dia. 

Keberadaan jalan produksi tersebut, lanjut Joko, selain akan menunjang usaha pertanian, juga menjadi jalan pintas penghubung antara Pekon Sumberagung dengan Pekon Srimulyo. (nop/mlo)



Pos terkait