PAUD IT Ar Raudhoh Turut Sukseskan Edukasi Makan Ikan Cegah Stunting

  • Whatsapp

Medialampung.co.id  – Pemkab Lampung Barat bekerjasama dengan Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) kabupaten setempat, menggelar Gerakan Edukasi Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD, yang juga digelar serentak di seluruh Indonesia bertepatan pada Hari Makan Ikan Nasional (Harkannas) yang jatuh pada Kamis (21/11).

Bunda PAUD Partinia Parosil, berkesempatan mengunjungi sejumlah PAUD diantaranya PAUD IT Ar Raudhoh di Kelurahan Waymengaku. Makcik—sapaan Partinia Parosil—tampak akrab bercengkerama dengan siswa-siswi PAUD yang dikunjungi, ia memberikan edukasi kepada siswa-siswi PAUD yang memang secara khusus telah mempersiapkan sarapan dengan menu ikan.

Bacaan Lainnya



Ia mengungkapkan, Gerakan Edukasi Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD diselenggarakan untuk mencegah stunting pada anak-anak usia dini, sehingga anak-anak Indonesia memiliki gizi yang baik dan menjadi anak yang cerdas. Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh, terutama disebabkan karena kekurangan gizi kronis yang terjadi di usia balita.

“Jadi kita mendorong anak-anak makan ikan. Indonesia ini negara yang kaya ikan, tapi di Asia, tingkat konsumsi ikan kita termasuk rendah. Padahal ikan diketahui punya potensi yang besar untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak,” katanya.

HIMPAUDI sebagai organisasi profesi yang berkoordinasi dengan Pemerintah daerah, menggerakkan lembaga PAUD yang ada untuk menyelenggarakan Gerakan Edukasi ‘Makan Ikan Cegah Stunting di PAUD’. Gerakan ini digelar serentak pada 21 November 2019, bertepatan dengan peringatan Harkannas.

Terusnya, melalui gerakan makan ikan ini diharapkan, anak-anak tumbuh dengan baik, menjadi anak-anak yang sehat dan cerdas dan, agar jangan ada yang mengalami stunting atau gagal tumbuh.

“Lambar memiliki beragam jenis ikan, jadi kita, terutama anak-anak harus rajin makan ikan karena manfaat ikan itu salah satunya untuk kecerdasan anak. Kita berharap anak-anak kita ini anak pintar, Kita berusaha mengurangi stunting di Lambar, diantaranya dengan gemar mengkonsumsi ikan. Untuk itu, kita terus mensosialisasikan manfaat ikan,” jelasnya.

Sementara itu, kepala PAUD IT Ar Raudhoh Reni Hartati menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bunda PAUD yang telah  hadir di tengah-tengah siswa dan siswi PAUD yang dipimpinnya untuk memberikan  edukasi Makan Ikan Cegah Stunting.

”PAUD IT Ar Raudhoh berkomitmen dan juga ikut serta dalam mensukseskan program pemerintah yakni edukasi gemar makan ikan bagi anak usia dini yang bertujuan untuk mencegah stunting atau kerdil yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia,” imbuhnya. (nop/mlo)



Pos terkait