PAUD IT Insan Cendekia Gelar Praktek Manasik Haji

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Seluruh siswa-siswi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Islam Terpadu (IT) Insan Cendekia, Pekon Rawas Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melaksanakan praktek manasik haji yang dipusatkan di halaman sekolah setempat, Minggu (16/2).

Kepala PAUD IT Insan Cendekia, Desi Maryanti, S.Ag., mengatakan kegiatan praktek manasik haji itu merupakan agenda rutin setiap tahun.

Bacaan Lainnya



Tapi tahun ini merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan di sekolah setempat, karena tahun sebelumnya praktek manasik haji itu bergabung dengan PAUD se-Kabupaten Pesbar.

“Kegiatan ini diikuti oleh 80 siswa-siswi dari tiga kelas di PAUD IT Insan Cendekia, dengan mengenakan pakaian ihram serba putih,” katanya.

Dijelaskannya, praktek manasik haji itu bertujuan agar anak-anak dapat mengetahui dan memahami secara langsung rukun islam yang kelima yakni ibadah haji.

Dalam kegiatan itu anak-anak yang didampingi oleh orangtuanya juga mendapat bimbingan dari para guru untuk melakukan praktek manasik haji seperti praktek wukuf, melempar jumrah, tawaf dan sebagainya.

“Dengan dilaksanakan kegiatan ini, anak-anak mendapat gambaran prosesi ibadah haji, kita berharap kegiatan ini dapat menanamkan iman dan taqwa mereka sejak kecil,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, dengan menanamkan iman dan taqwa sejak dini  dirinya berharap kelak kedepan anak-anak dapat bercita-cita dan berusaha agar bisa ke tanah suci.

Semua rangkaian dalam kegiatan praktek manasik haji yang dilaksanakan berjalan lancar sesuai harapan, hal itu juga berkat dukungan dari semua pihak baik dewan guru dan para orangtua siswa. “Kita berharap kegiatan praktek manasik haji bisa dilaksanakan dengan lebih maksimal lagi di sekolah ini,” ujarnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait