Pawai Ogoh-Ogoh Sambut Hari Raya Nyepi di Pesbar Ditiadakan

  • Whatsapp
Ketua PHDI Kabupaten Pesbar, I Nyoman Setiawan, S.E, M.M

Medialampung.co.id – Pandemi Covid-19 hingga kini belum berakhir, sehingga, kondisi itu masih berdampak terhadap masyarakat. Salah satunya dalam menghadapi perayaan Nyepi tahun 2021 di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) yang jatuh pada Minggu (14/3) akan dilaksanakan seperti tahun sebelumnya. Hal itu sebagai upaya untuk mengantisipasi pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Pesbar, I Nyoman Setiawan, S.E, M.M., mengatakan kondisi pandemi Covid-19 hingga kini masih belum berakhir, sehingga dalam perayaan Nyepi di Kabupaten Pesbar tetap sama seperti tahun 2020 lalu. 

Bacaan Lainnya

“Pawai ogoh-ogoh di perayaan Nyepi tahun ini juga ditiadakan lagi, karena dalam pawai ogoh-ogoh itu akan melibatkan orang banyak (kerumunan),” katanya, Jumat (12/3).

Sehingga, kata dia, sebagai antisipasi penyebaran wabah Covid-19, serta menghindari kerumunan umat makanya untuk pawai ogoh-ogoh yang biasanya digelar di sekitar pantai Melasti Pekon Marang, Kecamatan Pesisir Selatan itu ditiadakan.

Sedangkan, untuk upacara Melasti sebagai rangkaian awal Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu dilaksanakan di masing-masing pura, dan tidak berkumpul di pura utama yakni pura Segara Tirta Buana di Pekon Marang.

“Selain itu, Upacara Melasti hanya dilakukan oleh pengurus pura masing-masing, tanpa melibatkan umat dan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat,” jelasnya.

Masih kata Nyoman, meski rangkaian kegiatan untuk perayaan Nyepi di tahun 2021 ini tidak dilakukan secara beramai-ramai, namun pihaknya berharap kepada umat Hindu yang ada di Kabupaten Pesbar ini tetap melaksanakan perayaan Nyepi dengan maksimal dan juga mudah-mudahan berjalan dengan lancar tanpa ada kendala.

Pihaknya juga mengimbau seluruh umat hindu di Kabupaten Pesbar dapat terus berpartisipasi dalam pencegahan wabah Covid-19, salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan sebagainya.

“Dalam perayaan Nyepi tahun ini kita juga berharap kepada umat Hindu di Pesbar untuk tetap menjaga kondusifitas di wilayahnya masing-masing. Mudah-mudahan wabah Covid-19 bisa berakhir sehingga dalam perayaan Nyepi di tahun berikutnya bisa dilaksanakan sesuai harapan,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait