PCNU Berharap Protokol Kesehatan Diterapkan di Hari Raya Kurban

  • Whatsapp
Ketua PCNU Kota Bandarlampung Ichwan Adji Wibowo

Medialampung.co.id – Hari Raya Idul Adha 1441 H atau Hari Raya Kurban, akan jatuh pada Jumat (31/7) mendatang. Ditengah Pandemi Covid-19 Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Bandarlampung berharap panitia Kurban memperhatikan protokol kesehatan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua PCNU Kota Bandarlampung Ichwan Adji Wibowo, di era Pandemi Covid-19, Hari Raya Kurban di satu sisi merupakan ritual keagamaan yang tidak dapat terlewatkan.

Bacaan Lainnya



“Namun disaat yang sama kita tengah menghadapi wabah Pandemi, sehingga kemungkinan pelaksanaan yang biasanya terjadi keramaian dan kerumunan banyak manusia kalau bisa dicari solusi,” ucapnya kepada Medialampung.co.id, Kamis (25/6).

Dimana menurut Adji, PCNU berharap Masjid-Masjid dan Mushola-Mushola yang bisa melaksanakan kegiatan pemotongan hewan Kurban untuk tahun ini dapat bekerjasama dengan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan Tempat Pemotongan Hewan (TPH) baik milik Pemerintah atau Swasta untuk melaksanakan pemotongan.

“Adapun pendistribusian dan pembagian dagingnya sebisa mungkin Door To Door, tidak ada lagi kerumunan massa di Masjid-Masjid dan Mushola. Jadi pelaksanaan tetap berjalan tapi Kaidah mengikuti protokol kesehatan tetap dilakukan,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung sendiri memiliki RPH di Way Laga, begitu pula dengan TPH milik perseorangan juga banyak tersebar di Kota Tapis Berseri ini.

“Atau bisa juga Masjid itu melakukan pemotongan sendiri, tapi tetap melakukan Kaidah protokol kesehatan, misal panitia Kurban di kurangi, pembagian daging sebisa mungkin tidak menghadirkan massa ke Masjid,” tuturnya.(pip/mlo)



Pos terkait