PCNU Lambar Ikuti Penyuluhan Hukum dari LPBH-NU

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum PCNU Lampung Barat (LPBH-NU) menyelenggarakan penyuluhan hukum bagi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Minggu (27/12).

Acara yang dilaksanakan di kantor PCNU Lampung Barat tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran PCNU Lampung Barat, jajaran Banom, Lembaga dan pengurus MWC NU se Kabupaten Lampung Barat.

Bacaan Lainnya

Ketua LPBH-NU Zeplin Erizal, S.H., M.H., dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan selama adanya kepengurusan PCNU kabupaten tersebut. 

“Saya mengapresiasi pengurus yang sekarang, dengan gebrakan kegiatan tersebut.Baru selama kepengurusan Pak Hi.Danang ini ada kegiatan penyuluhan hukum ini,” katanya.

Lebih lanjut Zeplin mengatakan bahwa materi yang akan diberikan meliputi materi hukum yang sering terjadi di masyarakat, meliputi masalah hukum akibat kelakuan dalam mengutak atik Android, pencurian, narkoba, kekerasan dalam rumah tangga dan permasalahan lain yang sering terjadi di masyarakat.

Zeplin menekankan khususnya dalam hukum pernikahan dengan adanya aturan baru UU No.16/2019 hendaknya agar ditaati, khususnya dalam permasalahan usia pernikahan.

Lebih lanjut Zeplin meminta hendaknya jika terjadi permasalahan hukum, agar tidak buru-buru ke meja pengadilan, utamakanlah dahulu mediasi.

Sementara Ketua PCNU Lampung Barat Hi. M. Danang Harisuseno, S.Ag., MH., dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan hukum ini, peserta memberlakan  protokol kesehatan karena kondisi masih dalam pandemi Covid-19. 

Selanjutnya Danang mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyikapi kondisi masyarakat khususnya warga Nahdliyin yang saat ini masih banyak yang belum melek hukum, sehingga dengan kegiatan penyuluhan hukuman dengan tema “Kenali Hukum, Jauhkan Hukuman”, diharapkan warga nahdliyin mengetahui hukum dan dampak hukum akibat pelanggaran hukum tersebut.

Lebih lanjut Danang menghimbau agar para Nahdliyin menjadi pelopor penegakan hukum, pelopor pemersatu umat, dengan tidak terprovokasi dengan berita berita miring yang saat ini terjadi akibat adanya kebebasan publik.

“Kita jaga persatuan dan kesatuan di antara kita, kita berdoa mudah mudahan Lampung Barat senantiasa dalam keadaan kondusif,” katanya. (r1n/mlo)


Pos terkait