PDAM Limau Kunci Sumbang PAD Ratusan Juta 

  • Whatsapp
Kabag Umum PDAM Limau Kunci Kabupaten Lampung Barat Suherman

BALIKBUKIT – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Limau Kunci Kabupaten Lambar sejak tahun 2020 telah menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kepada Pemkab Lambar.

Kabag Umum PDAM Limau Kunci Suherman, S.I.P mendampingi Direktur PDAM Limau Kunci Pistorik, S.H mengungkapkan, sejak tahun 2020 lalu, PDAM Limau Kunci telah berkontribusi memberikan pendapatan dividen untuk PAD ke Pemkab Lambar sebesar Rp52.011.286.

Bacaan Lainnya



Sementara untuk tahun ini, pihaknya berencana akan memberikan kontribusi PAD sebesar Rp147.459.634. Sehingga total dananya tahun 2020-2021 mencapai Rp199.470.920.

“Jadi kontribusi PAD yang diberikan PDAM Limau Kunci tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Untuk dana yang tahun ini belum kita setorkan ke kas daerah,” ungkap Suherman, Senin (5/4).

Ia menjelaskan, berdasarkan audit Konsultan Akuntan Publik  tahun 2019,  PDAM Limau Kunci mendapatkan laba bersih sebesar  Rp94.565.974, sehingga pada tahun 2020 perusahaan plat merah tersebut menyubang PAD sebesar Rp52.011.286.

Kemudian hasil audit Konsultan Akuntan Publik tahun 2020 bahwa PDAM Limau Kunci mendapatkan laba bersih sebesar Rp268.108.425 sehingga pada tahun ini akan memberikan kontribusi PAD sebesar Rp147.459.634.

“Sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) No.12/1995 tentang pembentukan perusahaan daerah air minum Kabupaten Lambar bahwa PDAM harus memberikan PAD sebesar 55 % untuk dana pembangunan Kabupaten Lambar. Jadi hasil laba PDAM telah diberikan kepada pemerintah daerah sebesar 55 %,” kata dia.

Lebih jauh Suherman mengatakan, dalam rangka mempermudah pelayanan kepada masyarakat untuk membayar rekening air.  PDAM Limau Kunci Kabupaten Lambar sejak Januari tahun 2020 lalu untuk pembayaran tagihan rekening air setiap bulannya bisa melalui Indomaret dan Alfamart.

“Bagi pelanggan saat ini dapat membayar rekening air di Indomaret dan Alfamart terdekat, sementara untuk pelanggan yang masih mempunyai tunggakan rekening air tetap diwajibkan membayar rekening air di loket-loket PDAM Cabang dan Unit terdekat,” ujar dia. 

Kata dia, system pembayaran rekening pelanggan secara online  di Indomaret dan Alfamart tersebut berlaku bagi pelanggan PADM Limau Kunci yaitu Pelanggan Cabang Liwa, Pelanggan Cabang Sukau 2, Pelanggan Unit Waytenong, Pelanggan Unit Kebutebu, serta Pelanggan Cabang Padangdalom dan Pelanggan Cabang Giham Sekincau.  

Lanjut dia, pelayanan pembayaran rekening tagihan air secara online, tujuannya selain untuk memudahkan pelanggan juga dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kalau selama ini pelanggan PDAM apabila akan membayar tagihan bulanan harus datang ke loket-loket, namun dengan sistem pembayaran online maka pelanggan dapat melakukan pembayaran di Indomaret dan Alfamart terdekat serta waktunya bisa pagi, siang, sore atau malam hari, jadi lebih mudah,” kata dia

Seraya menambahkan, selain pembayaran tagihan air menggunakan system online, pihaknya juga tetap membuka pelayanan di kantor PDAM dan cabang bagi pelanggan PDAM yang ingin membayar tagihan secara langsung.

“Semoga dengan diberlakukannya pembayaran rekening air di Indomaret dan Alfamart  terdekat,  kesadaran para pelanggan untuk membayar rekening air setiap bulannya meningkat,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait