PDAM Way Rilau Pastikan Air SPAM KPBU Aman Diminum Langsung

  • Whatsapp
Kabag Produksi PDAM Way Rilau Munawir

Medialampung.co.id – Air Minum Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) dengan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang sudah tersambung di beberapa Kecamatan sekarang ini bisa langsung dinikmati oleh konsumen.

Kabag Produksi PDAM Way Rilau Munawir menjelaskan terkait masih adanya bau kaporit di sambungan rumah tangga (SR) itu tidak membahayakan bagi konsumen. 

Bacaan Lainnya

“Karena Gas Chlorine (kaporit) tidak membahayakan dan itu masih dalam ambang batas yang diperbolehkan menurut Permenkes No.492/2010,” jelasnya 

“Bau itu sebenarnya bau sehat sisa kaporit yang bisa membunuh ecoli dengan Kadar kaporit maximum 0.5 Mg/L. Dan itu bisa langsung diminum. Namun jika masyarakat masih ragu untuk meminum bisa menunggu beberapa menit agar airnya bisa diminum,” imbuhnya 

Pihaknya menjamin tidak ada masalah dengan Air KPBU yang sudah berjalan di rumah tangga untuk dikonsumsi langsung.

Sementara itu, salah satu warga di Jl. Tupai Gang Damai Kecamatan Kedaton Dian (25) mengatakan, air yang dari SPAM KPBU memang sudah bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari tapi dirinya belum berani menggunakannya untuk meminumnya secara langsung karena masih ada bau kaporit.

“Kita khawatir aja, namanya bau kaporit takut kenapa-napa tapi setelah ada penjelasan dari pihak PDAM Way Rilau dan ada jaminan sekarang kita sudah mulai minum langsung tetap harus menunggu beberapa menit agar kadar kaporitnya turun dulu,” pungkasnya.(*/mlo)


Pos terkait