PDHI Lampung Akan Periksa Hewan Kurban

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Menghadapi hari raya Idul Adha 1442 Hijriah, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Wilayah Lampung mengadakan tiga kegiatan, diantaranya webinar kurban, pemeriksaan ternak kurban, serta pemeriksaan antemortem dan postmortem (AP/PM) di tempat penampungan hewan kurban maupun lokasi penyembelihan hewan kurban.

Ketua PDHI Lampung drh. Nanang Purus Subendro menjelaskan bahwa PDHI merupakan organisasi profesi para dokter hewan yang salah satu tugasnya memastikan kesehatan hewan, kesehatan masyarakat veteriner, dan kesejahteraan hewan.

Bacaan Lainnya

“PDHI harus hadir bersama stakeholder terkait di tengah masyarakat, terutama dalam kegiatan kurban sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan hewan, kesmavet, dan kesrawan,” katanya.

PDHI Lampung, kata Nanang yang juga ketua umum Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI), memiliki 230 anggota tersebar di seluruh kabupaten/kota, baik di pemerintahan, swasta, dan praktisi.

“Semuanya siap hadir dan berkolaborasi untuk memastikan kurban tahun ini berjalan sesuai dengan rambu-rambu di masa pandemi Covid-19. Mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, diimbau agar kegiatan kurban memperhatikan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Kegiatan PDHI Lampung ini, kata Nanang, juga untuk memberikan komunikasi edukasi informasi (KIE) kepada masyarakat terkait pelaksanaan kegiatan kurban baik aturan terkait berkurban di masa pademi Covid-19.

“Juga memastikan ternak yang dikurbankan sehat, cukup umur, dan disembelih sesuai syariat Islam; memastikan ternak yang dijual dan yang akan disembelih memenuhi kaidah-kaidah kesejahteraan; serta memastikan daging kurban yang akan didistribusikan memenuhi kaidah kesmavet dan keamanan pangan,” ungkapnya. (sya/mlo)


Pos terkait