Peduli Kemanusiaan, LazisNU Lambar Bagikan 100 Paket Sembako

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pengurus Cabang Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LazisNU), Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lampung Barat melakukan gerakan sosial dalam menanggulangi pasien Covid-19, Senin (30/8).

Acara yang digelar secara simbolis tersebut dilaksanakan di Gedung PCNU Lambar di Pekon Wates dihadiri oleh Pengurus Cabang LazisNU, pengurus Tanfidziyah PCNU, Ketua Majelis Wakil Cabang (MWC) se kabupaten setempat.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Ketua PCNU Lambar Hi.M.Danang Harisuseno, S.Ag, MH., mengatakan bahwa seiring masih berkembangnya Covid-19, maka LazisNU salah satu Lembaga yang berada di bawah langsung Tanfidziyah PCNU berusaha untuk melakukan gerakan amal yang dananya berasal dari sumbangan para Kader NU dan para simpatisan NU lainnya.

Untuk tahap awal LazisNU Lambar baru bisa mendistribusikan paket Sembako sebanyak 100 paket dimana masing masing paket terdiri dari beras, susu kaleng, gula merah, kacang hijau, dan minyak goreng. Paket tersebut didistribusikan kepada 10 kecamatan yang terdapat pasien Covid-19 dan masih isolasi mandiri serta kondisi ekonominya kurang mampu.

”Ke depan melalui gerakan LazisNU ada beberapa kegiatan yang akan diterapkan di masing masing MWC Kecamatan yaitu gerakan KOIN NU (Kotak Infaq NU) sehingga kedepan masyarakat NU Lampung Barat akan semakin berkembang,” ujarnya.

Menurut dia, ini merupakan gerakan yang pertama kali dilakukan oleh PCNU Lambar dan kedepannya akan merambah kepada bantuan terhadap anak yatim piatu, dan beasiswa terhadap santri yang akan mondok di Pondok Pesantren di Lambar. 

“Doakan saja semoga kegiatan ini akan terwujud dan mendapat suport dari berbagai elemen,” ujar Danang.

Sementara, ketua PC LazisNU Lambar Ustadz Ahmad Hadibroto, S.Sos.I, M.Kom.I., mengatakan LazisNU Lambar siap berpartisipasi menyongsong satu abad kejayaan Nahdlatul Ulama, salah satu agenda besar yang akan menjadi prioritasnya adalah membangkitkan semangat kemandirian NU di bumi beguai jejama sai betik tersebut. 

Disinggung terkait program tersebut supaya bisa terwujud, Hadibroto menjelaskan bahwa cara yang akan ditempuh dirinya beserta jajaran LazisNU yaitu dengan mengajak seluruh warga NU yang ada di Lampung Barat untuk dapat berpartisipasi dalam gerakan ekonomi cinta Nahdlatul Ulama.

”Gerakan ini akan dikembangkan dengan mengajak masyarakat agar mengerti akan urgensi berzakat berinfaq dan shadaqah. Gerakan ini bisa ditunaikan secara langsung melalui Kotak Infaq yang akan didistribusikan ke rumah masing-masing warga NU serta melalui Rek LazisNU Lampung Barat, setidaknya dengan gerakan ini setiap warga NU berhak menerima manfaat dari apa yang telah mereka lakukan,” tambahnya.

Ada beberapa target besar ketika program ini bisa berjalan, lanjut Hadibroto, diantaranya dalam bidang Kesehatan, setiap MWC kecamatan Se Kabupaten Lampung Barat wajib memiliki Mobil Siaga NU 99 yang akan digunakan oleh seluruh warga NU. Kemudian, di bidang pendidikan, ada Program beasiswa bagi siswa dan santri di beberapa Pesantren yang ada di Lampung Barat, dan Program di bidang Sosial lainya.

”Oleh karenanya saya menghimbau kepada setiap MWC NU di masing masing kecamatan untuk lebih meningkatkan Ghirah (semangat) dalam berorganisasi, karena ada keberkahan yang telah Allah siapkan untuk setiap diri yang siap berjuang Li i’la i kalimatillah,” tutupnya. 

Terpisah, Ust. Akhyar selaku Ketua MWC NU Kecamatan Sukau mengatakan, melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang LazisNU PCNU Lampung Barat mengatakan bahwa kegiatan dalam penyaluran bantuan untuk warga NU yang terdampak Covid-19 di Lampung Barat ini merupakan gebrakan awal yang positif yang akan memotivasi pengurus NU tingkat MWC kecamatan dan tingkat Ranting di pekon pekon untuk dapat memicu warga NU di wilayahnya masing untuk menyisihkan sebagian rezekinya melalui LazisNU, karena Insya Allah warga Kabupaten Lampung Barat terkhusus warga NU akan bisa merata kesejahteraannya, terlebih dengan diluncurkannya NU Mandiri dan Koin NU.

”Acara yang juga dikunjungi oleh Pihak Bank Syari’ah Mandiri (BSI) tersebut juga membicarakan terkait kesejahteraan umat khususnya warga NU di Lampung Barat diantaranya terkait Kartu Santri dan bantuan bantuan lunak lainnya, serta rencana keikutsertaannya pihak Bank BSI di dalam setiap event kegiatan PCNU Lampung Barat,” imbuhnya. (nop/mlo)


Pos terkait