Pekan Depan, Dana BOS Tahap I Cair

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lambar Bulki Basri, S.Pd, M.M

Medialampung.co.id – Kabar gembira bagi sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Lambar. Pasalnya, pekan depan dana bantuan operasional sekolah (BOS) tahap I (Januari-April) tahun 2021 akan cair.

“Minggu depan dana BOS tahap I sebesar Rp10,419 miliar lebih untuk SD dan SMP di Kabupaten Lampung Barat akan cair,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki Basri, S.Pd, M.M, Kamis (11/3)

Bacaan Lainnya


Kata dia, jumlah dana BOS tahun ini di Kabupaten Lambar sebesar Rp35 miliar lebih, dan untuk tahap I akan dicairkan sebesar Rp10,419 miliar lebih baik untuk SD negeri dan swasta maupun SMP negeri dan swasta.

BOS adalah salah satu bentuk intervensi program pemerintah yang dilakukan terhadap sekolah-sekolah baik negeri maupun swasta, dan penggunaan BOS antara lain untuk pengadaan buku, kegiatan belajar mengajar, pengembangan profesi guru, pengadaan alat tulis kantor (ATK), serta penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Sementara skema penyaluran dana BOS akan dibagi kedalam tiga tahap yaitu tahap I (Januari-April), tahap II (Mei-Agustus), dan tahap III (September-Desember). 

“Jumlah BOS yang diterima per siswa tahun 2021 yaitu untuk tingkat SD sebesar Rp940.000/siswa/tahun sedangkan SMP Rp1.170.000/siswa/tahun,” tegas Bulki

Dana BOS, lanjut Bulki, ditujukan untuk membebaskan pungutan bagi seluruh peserta didik SD dan SMP negeri dan swasta terhadap biaya operasional sekolah, serta meringankan beban biaya operasional sekolah bagi peserta didik. 

“Saya berharap kepada pihak sekolah agar menggunakan dana BOS sesuai dengan petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis (Juklak Juknis) tentang penggunaan dana BOS,” tandasnya. (lus/mlo)




Pos terkait