Pekan Depan, Sidang Gugatan PHP Pilkada Pesbar 2020

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) telah menerima jadwal dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sidang gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) bupati dan wakil bupati Pesbar, berdasarkan registrasi perkara No.39/PHP.BUP-XIX/2021, yang diajukan oleh pasangan calon nomor urut 2 yakni Aria Lukita Budiwan, S.T., dan Erlina, S.P, M.H., sebagai pemohon.

Anggota KPU Pesbar selaku Divisi Hukum, Azwan Feri, mengatakan sesuai dengan jadwal dari MK pelaksanaan sidang gugatan PHP bupati dan wakil bupati Pesbar itu dilaksanakan pekan depan yakni Jumat (29/1) mendatang, jadwal itu bersamaan dengan tujuh Kabupaten lainnya dengan waktu yang berbeda. Sedangkan, untuk Kabupaten Pesbar digelar pukul 16.30 WIB di ruang sidang MK, Jakarta.

Bacaan Lainnya




“Pelaksanaan sidang pendahuluan di MK terkait gugatan PHP bupati dan wakil bupati Pesbar tahun 2020 itu akan digelar secara luring (luar jaringan), artinya dihadiri langsung di ruang sidang MK,” katanya, Jumat (22/1).

Dijelaskannya, pihaknya berharap pelaksanaan sidang pendahuluan di MK itu dapat berlangsung lancar dan tidak ada kendala. Hingga kini, KPU Pesbar juga masih terus berkoordinasi dengan KPU Provinsi dan kuasa hukum KPU setempat dalam menghadapi sidang gugatan di MK itu.

Begitu juga dengan persiapan alat-alat bukti seperti persiapan berkas rekapitulasi hasil pemungutan dan penghitungan suara Pilkada Pesbar 2020, serta berkas dokumen lainnya yang dibutuhkan hingga kini masih dipersiapkan.

“Sejak beberapa hari terakhir hingga kini kami masih mempersiapkan semua berkas, dan persiapan lainnya untuk menghadapi sidang gugatan di MK itu,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Pesbar, Marlini, mengakui pelaksanaan sidang pendahuluan gugatan PHP Pilkada Pesbar di MK itu telah dijadwalkan tanggal 29 Januari 2021 mendatang.

Dirinya berharap semua persiapan bisa lebih maksimal kembali, sehingga dalam menghadapi sidang gugatan itu tidak ada kendala, baik dokumen data maupun berkas lainnya. Terlebih dalam pelaksanaan sidang gugatan itu dirinya bersama komisioner KPU Pesbar akan hadir langsung di MK.

“Untuk sidang tahap pertama di MK nanti, dari KPU Pesbar selaku termohon akan dihadiri oleh ketua KPU Pesbar, Anggota KPU Pesbar Divisi Hukum serta Kasubbag dan Staf terkait di KPU Pesbar ini. Mudah-mudahan tidak ada kendala saat sidang nanti,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait